Halaman

12.21.2009

Daftar Aplikasi Gratis/Open Source Terbaik untuk Optimisasi & Konfigurasi Windows

Di bawah ini adalah Postingan diblog saya yang lama pada tanggal 1 desember 2008 mengenai daftar aplikasi gratis atau open source terbaik untuk mengoptimisasi instalasi Windows.tapi info ini sangat berguna dan mungkin banyak yang belum anda ketahui.

Tweak Konfigurasi Windows
nlite atau vlite: aplikasi untuk merampingkan instalasi Windows XP dan Vista dengan memangkas komponen-komponen yang tidak dibutuhkan. Sanfucius telah menjelaskan secara detil cara pembuatan CD Windows XP kustom yang ramping dan dapat diinstal tanpa interaksi pengguna.

TweakUI Power Toy: alat untuk memodifikasi berbagai konfigurasi Windows. Untuk panduan cara pemakaiannya baca artikel Lifehacker.

MZ Ultimate Tweaker: aplikasi untuk dengan mudah memodifikasi berbagai konfigurasi Windows mulai dari kinerja hingga tampilan. Singkatnya:

  • Performance Tweaks: Optimize I/O Page Limit, Optimize Contiguous File Allocation Size, Enable 48bit LBA Support, Disable NTFS Last Access Update, Disable 8.3 Filename Creation, Disable Executive Paging, Auto Unload Unused DLLs From Memory, Enable Ultra DMA Support (UDMA66) For Intel Chipset, Optimize MFT, L2 Cache Optimize, etc
  • System Tweaks: Boot Optimization, Optimize HDD When Idle, Enable ClearType Font Smoothing, etc
  • Service Tweaks: Disable UPNP Service (Universal Plug and Play), Disable Wireless Zero Configuration, Disable Indexing Service, Turn Off Built In Windows Xp CD Burning, etc
  • Visual Tweaks: Icon Size, Icon Vertical- Horizontal Spacing, Show User Name In The Start Menu, Shows Windows Version On Desktop, Hide All Icons And Folders On Desktop, etc.
  • Internet Booster: Large TCP Window (RWIN) Support, Disable MTU Black Hole Detection, Optimize Max Duplicate ACKs, Optimize Buffer Sizes, Optimize Dns Error Caching, etc
  • Internet Explorer Tweaks: Disable Scheduled Updates, Delete Temporary Files On Exit, Open PopUps New Pages In New Tabs, etc
  • Other tweaking features: Mozilla Firefox Tweaks, Windows Media Player Tweaks, One-Click Tweaks, Cpu Accelerator Utility, Ram Booster Utility, Fast Disk Cleaner, Registry Optimizer, StartUp Manager, Services Manager, Shutdown Scheduler, Backup - Restore Service

TweakNow: membantu Anda dalam melakukan settingan registry dengan cepat dan mudah.

Konfigurasi Desktop atau Explorer

Desktops: aplikasi virtual desktop buatan Sysinternals yang sangat ringan dan berguna.

Moo RightClicker: tambahkan menu dan berbagai fitur berguna ke menu klik kanan Windows.

Taskix: memungkinkan Anda untuk menyusun jendela aplikasi di taskbar sesuka Anda.

D-Color: kustomisasi icon di desktop.

Desktop Media: memunculkan icon removable drive di desktop secara otomatis.

Ingin menambahkan fungsi ke Windows Explorer? Baca artikel Perkuat Windows Explorer dengan 10 Add-On Gratis

.

Pembersihan & Optimisasi

CCleaner: aplikasi untuk membersihkan file-file tak berguna di komputer Anda mulai dari browser, Recycle Bin, registry, data aplikasi pihak ketiga yang tak berguna dan banyak lagi.

Glary Utilities: aplikasi yang memiliki banyak fungsi untuk dapat mengoptimalkan kerja komputer, termasuk:

  • Clean Up & Repair (Disk Cleaner, Registry Cleaner, Shortcut Fixer, Uninstall Manager)
  • Optimize & Improve (Startup Manager, Memory Optimizer, Context Menu Manager)
  • Privacy & Security (Tracks Eraser, File Shredder, File Undelete , File Encrypter and Decrypter)
  • Files & Folders (Disk Analysis, Duplicate Files Finder, Empty Folders Finder, File Splitter and Joiner)
  • System Tools (Process Manager, Internet Explorer Assistant, Windows Standard Tools)

Revo Uninstaller: alternatif terbaik untuk menggantikan fitur Add/Remove Program yang datang dengan Windows.

Auslogics Disk Defrag: aplikasi defragmenter yang cepat dan efektif untuk menggantikan fitur defrag yang datang dengan Windows.

Duplicate Cleaner: aplikasi untuk membersihkan file-file duplikat yang ada di komputer Anda.

Remove Empty Directories: aplikasi ini akan menelusuri HD Anda untuk menemukan folder-folder kosong yang dapat dibersihkan.

Startup Delayer: menunda dibukanya aplikasi Anda saat pertama kali login ke Windows agar Anda dapat langsung memakai Windows setelah login.

Anti Malware Toolkit: mengunduh berbagai aplikasi anti malware populer seperti CCleaner, Spybot S&D dan Hijack This. Tentunya Anda juga dapat memilih hanya mengunduh yang Anda inginkan saja.

Game XP: mengoptimisasi kinerja komputer dengan memodifikasi settingan sistem, mengatur prioritas CPU dan mematikan aplikasi-aplikasi Windows yang tidak berguna.

HDDScan: mendiagnosa apa yang salah dengan hard disk Anda seperti temperatur, melakukan pengujian kesehatan, memantau perubahan dokumen dan banyak lagi.

FosiX Lite: menganalisa HD untuk memantau pemakaian HD Anda, melihat jenis file apa saja yang paling banyak menghabiskan kapasitas HD.

Moo0 SystemMonitor: menanamkan dashboard untuk memantau berbagai sumber daya komputer di desktop mulai dari CPU, jaringan, uptime dan lain-lain.

LocalCooling: di era global warming ini, sebaiknya Anda memantau pemborosan energi yang dilakukan PC Anda. LocalCooling dapat memonitor sumber daya yang dipakai monitor, kartu grafis, hard drive dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk berusaha mengurangi temperatur komputer Anda.

Tampilan

Uxtheme Patches: menggunakan tema kustom untuk Windows, untuk contoh pemakaiannya baca artikel buatan aerialsky Gunakan Theme Windows 7 untuk XP.

FlyakitOSX: iri dengan tampilan Mac OS X yang cantik tetapi tidak mempunyai dana yang memadai? Para pengguna XP dapat menggunakan aplikasi yang satu ini untuk mengubah tampilan Windows menjadi Mac OS dengan mudah.




ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Daftar Aplikasi Gratis/Open Source Terbaik untuk Optimisasi & Konfigurasi Windows"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED