Halaman

12.24.2009

Lenovo IdeaPad Y550P Review


Intel belum lama ini meresmikan kehadiran versi mainstream dari Core i7 dan datangnya Core i5 ke pasaran Indonesia. Di waktu yang sama, pada 30 Oktober tersebut, produsen prosesor terbesar di dunia tersebut juga meresmikan tersedianya jajaran prosesor berkinerja tinggi mereka yakni

Core i7 ke segmen pengguna mobile.

Lenovo, salah satu produsen utama komputer dunia yang kini berada di peringkat keempat sebagai produsen terbesar, tidak tinggal diam. Hanya dalam hitungan hari, mereka langsung menghadirkan update terhadap lini produknya dan menghadirkan Core i7 pada notebook seri IdeaPad mereka yakni IdeaPad Y550P.

Spesifikasi
Lenovo IdeaPad Y550P sendiri merupakan penerus IdeaPad Y550. Menurut Cung Cien, Product and Business Development Manager Lenovo Indonesia, Y550P merupakan notebook pertama yang menggunakan prosesor empat inti core i7. Notebook ini menghadirkan fungsi hiburan yang lengkap, dengan berbagai peningkatan fitur dibandingkan pendahulunya.
Dari sisi spesifikasi, Y550P tidak jauh berbeda dengan seri Y550 yang sudah lebih dulu hadir. Akan tetapi, sejumlah upgrade pada hardware yang terpasang sudah dilakukan oleh Lenovo.

Sebagai contoh, kalau dulu prosesor yang tersedia adalah Core 2 Duo series, kini Core i7 sudah tersedia. Jika sebelumnya grafis yang tertanam adalah GeForce GT 130M dengan 512MB memori video yang ditanam, kini kartu grafis tersebut sudah ditukar dengan GeForce GT 240M dengan memori video sebesar 1GB. Berikut ini spesifikasi teknis notebook Lenovo IdeaPad Y550P:
Prosesor Intel Core i7 720QM (2.80GHz 1333MHz 6MB cache)
Chipset Intel PM55 Express
Memori DDR3 PC-8500 4GB-
VGA Nvidia GeForce GT 240M 1024MB
Layar 15,6 inci HD Wide LED up to 1366x768
Harddisk 320GB, 2,5” SATA 5400rpm
Sound/speaker Dolby Home Theater 2 x 2W stereo speaker + 2W subwoofer
Drive optik Blu-ray Super Multi
Baterai 6 cell, 5200 mAh
Konektivitas WiFi, Wireless 5100AGN, Gigabit LAN, Bluetooth 2.1
Port eksternal VGA, DisplayPort, SD card reader, 1394 FireWire, Express Card
Dimensi 38,6 x 25,4 x 3,81cm
Bobot 2,76Kg (dengan baterai 6 cell)
Sistem operasi Windows 7 Home Premium 64-bit
Garansi 1 tahun


Lenovo tampak memanjakan pengguna yang membutuhkan fasilitas multimedia di sebuah notebook. Selain sepasang speaker bersertifikasi Dolby Home Theater, notebook juga dilengkapi subwoofer dan drive optik Blu-ray. Sayangnya, untuk tampilan, monitor LED yang digunakan hanya mendukung resolusi HD, belum full HD.

Desain dan Fitur
Badan notebook yang lebar sebenarnya membuat Lenovo lebih leluasa menempatkan keyboard. Akan tetapi, demi kenyamanan pengguna, keyboard diposisikan sedikit ke atas sehingga ruang palmrest sedikit lebih nyaman dibanding jika keyboard merapat ke bawah.

Touchpad yang disediakan juga cukup lebar dengan dua buah tombol di bagian bawahnya. Touchpad pada notebook ini juga mendukung multi touch. Anda bisa menjelajah halaman web atau melakukan zoom in-zoom out terhadap koleksi foto Anda dengan mudah.

Di sudut kiri dan kanan atas, Lenovo menempatkan speaker stereo bersertifikasi Dolby, sedangkan subwoofernya ada di bagian bawah persis di sebelah posisi baterai. Tombol volume tersedia di sebelah kanan notebook untuk memudahkan penggunanya mengatur suara saat menikmati film berkualitas HD di notebook tersebut.

Sebanyak 3 buah port USB, 1 port SATA eksternal, express card, mini PCI-e, dan 6 in 1 multi card reader (mendukung SD, SD Pro, XD, MMC, MS, dan MS Pro) serta port HDMI ditempatkan di bagian sisi kiri dan kanan notebook.
Dari sisi fitur, seperti ciri khas notebook Lenovo lainnya, fitur VeriFace 3.5 juga disediakan pada notebook ini. Pengguna yang ingin login ke sistem operasi di komputer jinjing bisa menggunakan wajahnya, tidak perlu mengetikkan password seperti cara konvensional.

Lenovo juga menyediakan 1 key theatre, yakni mode khusus untuk meningkatkan kontras dan kecerahan gambar, dari mode normal (saat komputer hanya dipakai untuk mengoperasikan MS Word, misalnya). Tombol recovery yang tersedia di dekat tombol power juga memudahkan penggunanya untuk menyehatkan kembali sistem ketika terjadi masalah.

Dengan Lenovo Desktop Navigator, pengguna bisa dengan mudah memilih-milih tombol shortcut terhadap file ataupun program-program lain yang sering Anda gunakan. Cukup dengan menggeser jari Anda di slide bar yang sensitif.

Uji Kinerja
Dari uji coba singkat yang kami lakukan, Lenovo IdeaPad Y550P ini sangat nyaman digunakan. Dukungan spesifikasi hardware yang mumpuni membuat notebook nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi apapun.

Akan tetapi, dengan berbagai hardware kelas atas yang tertanam pada notebook, kami hanya mampu menggunakan notebook ini selama 1 jam 50 menit untuk melakukan berbagai aktivitas seperti browsing, email, download, menonton video, dan menggunakan aplikasi messenger lewat konektivitas WiFi.

Selain itu, notebook ini juga mengeluarkan panas yang cukup tinggi dibandingkan notebook umumnya yang menggunakan prosesor dual core atau kelas mainstream lainnya. Meski demikian, panas tersebut dapat dihantarkan dengan baik lewat fasilitas pendinginan yang ada di notebook seharga 1399 dolar AS ini.

Kelebihan:
- Kinerja tinggi
- Fitur lengkap

Kekurangan:
- Layar belum mendukung resolusi full HD
- Baterai standar yang tersedia kurang mumpuni

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Lenovo IdeaPad Y550P Review"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED