Halaman

12.26.2009

Pilah Pilih Metode Pembayaran Online


Belanja lewat internet memang gampang. Ketika proses jual-beli sudah dilaksanakan dan terjadi pembayaran, otomatis proses dianggap selesai. Namun untuk memilih metode pembayaran yang akan digunakan, tidak semudah memilih barangnya.

Saat ini, ada cukup banyak metode yang bisa digunakan untuk membayar. Yang pertama dan paling banyak dilakukan adalah menggunakan kartu kredit. Sebagian besar situs jual-beli online menyediakan sistem pembayaran via credit card. Transfer? Bisa juga, dan masih banyak yang melakukannya. Meski demikian, banyak yang bilang metode pembayaran melalui kartu kredit dan transfer rawan penipuan. Nomor kartu kredit bisa dihack dan berakibat pada jumlah tagihan yang membengkak. Jika menggunakan metode transfer, penjual dikhawatirkan lari tak mau tanggung jawab setelah terima uang.

Jika mau aman, dipilihlah cara cash on delivery (COD). Metode ini sama seperti layanan pesan antar. Penjual dan pembeli bertemu langsung. Setelah sama-sama oke, baru transaksi dilakukan. Namun, tidak semua situs belanja online mau melayani metode pembayaran seperti ini. Selain rumit, terkadang lokasi pembeli dan penjual berjauhan. Ada lagi metode pembayaran lain, dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Metode seperti ini banyak dilakukan untuk meng-cover situs-situs besar seperti eBay atau Amazon. Jasa pihak ketiga yang banyak dipakai adalah PayPal. Dengan PayPal, seseorang cukup punya akun, dan menyimpan saldo di dalamnya untuk jual-beli.

Metode pembayaran seperti ini kini dipakai Kaskus, salah satu forum terbesar di Indonesia. Dengan Forum Jual Beli (FJB) di dalamnya, Kaskus berhasil menjaring ribuan penjual dan pembeli. Transaksinya pun gila-gilaan, dengan barang yang diperdagangkan sangat bervariasi. Mengingat banyaknya transaksi di Kaskus, mereka mengembangkan sistem pembayaran mirip Pay- Pal, dan diberi nama Kaspay. CEO Kaskus Networks Ken Dean Lawadinata mengungkapkan, Kaspay dihadirkan untuk Kaskuser yang terbiasa aktif di FJB.
Kaspay dihadirkan terpisah, namun masih terintegrasi dengan FJB. Kaskuser bisa melakukan transaksi langsung dengan memasukkan nominal rupiah yang diinginkan. Tidak hanya itu, layaknya situs jual-beli lain yang sudah populer, Kaspay juga menyediakan akses bagi Kaskuser untuk memajang barang yang ditawarkan dengan visual lengkap,Kaspay akan berkembang menjadi situs penyedia layanan bisnis besar.
Apalagi melihat perkembangan dunia internet yang semakin baik, diyakini akan berdampak pada pertumbuhan penggunanya. Kaspay diharapkan bisa menjadi sarana bagi Kaskuser yang ada di pelosok Nusantara dan terbatas dengan akses transportasi.


ARTIKEL TERKAIT

1 orang berkomentar on "Pilah Pilih Metode Pembayaran Online"

Response By  bopfive5 - 5/28/2011 7:17 PM


minta gambarnya untuk blog ku mengulas hal yang sama,silahkan cek.makasih.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED