Laman

12.25.2009

Sony Alpha A500 : It's A Sony


Sejak kemunculan DSLR pertamanya beberapa tahun lalu hingga saat ini, Sony semakin menunjukkan keseriusannya dalam menghasilkan dan menawarkan produk-produk kamera DSLR-nya. Di tahun 2009 ini pun, Sony meluncurkan

cukup banyak tipe kamera DSLR baru di semua lini, mulai dari kelas entry-level hingga full-frame. Salah satu dari banyak kamera baru tersebut adalah Sony Alpha A500 ini. A500 ini diposisikan oleh Sony sebagai kamera DSLR kelas menengah yang menawarkan aneka feature canggih, dengan harga yang masih terjangkau. Meskipun pernah hadir di seri kamera sebelumnya, Alpha A500 ini tetap menjadikan live-view dan layar lipat-nya sebagai feature unggulan.
Sony Alpha A500 ini cukup kompak, dengan ukuran fisiknya yang tidak terlalu besar. Bobotnya juga cukup berat untuk ukuran kamera DSLR kompak, sekitar 630 gram. Grip-nya dilengkapi dengan karet agar tidak licin saat dipeganh. Ukuran grip-nya juga cukup besar sehingga mantap di genggaman tangan. Di bagian depan, di dekat tombol shutter terdapat dial untuk melakukan pengaturan kecepatan dan diafragma. Tombol dial untuk mengatur modus pemotretan diletakkan di bagian atas kanan karena pada bagian kirinya tersebar beberapa tombol, mulai dari tombol pengatur ISO, continuous shooting, dan tombol DRO (Dynamic Range Optimizer). Terdapat sebuah dudukan untuk flash eksternal yang sayangnya tidak sama dengan dudukan flash pada umumnya. Bentuk hotshoe flash seperti itu hanya digunakan oleh Sony, sementara kamera lain menggunakan hotshoe generik.
Sony Alpha A500 menggunakan sensor CMOS dengan format APS-C. Gambar maksimal yang mampu dihasilkan mencapai resolusi hingga 12 megapiksel. Kamera yang memiliki crop-factor 1,5 ini bisa menggunakan dua jenis memori untuk media penyimpanannya. Yang pertama adalah SD/SDHC dan yang satu lagi, tentu saja media penyimpanan eksklusif Sony, Memory Stick. Titik autofokus yang tersedia adalah sebanyak sembilan buah dengan satu titik di bagian tengah bertipe cross-type. Untuk memberikan keleluasaan dalam berbagai situasi pemotretan, A500 ini menyediakan jangkauan sensitivitas ISO yang luas, mulai dari ISO 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, hingga 12800. Dan untuk membantu Anda ketika dalam kondisi cahaya rendah dan harus menggunakan kecepatan rendah, Sony memiliki feature Super Steady Shot yang mampu mengkompensasi getaran akibat memotret pada kecepatan rendah. Yang menyenangkan, feature ini dibenamkan langsung di kamera sehingga lensa apa pun yang Anda gunakan, akan terbantu dengan hadirnya SSS ini.
Sejak feature live-view diperkenalkan beberapa tahun lalu, Sony melakukan inovasi yang sangat baik pada feature ini. Selain sensor yang digunakan saat modus standar, Sony menambahkan satu sensor lagi yang khusus digunakan untuk modus live-view. Hasilnya, kinerja autofokus menjadi jauh lebih cepat dan responsif dibandingkan modus live-view pada kamera lain. Respon pada modus live-view tergolong cepat layaknya menggunakan kamera point & shoot. Layarnya yang sebesar 3 inci juga terbilang besar dan nyaman untuk melihat hasil foto ataupun melakukan komposisi pada modus live-view. Dan untuk melengkapi fasilitas live-view tersebut, Sony Alpha A500 ini juga dibekali dengan layar lipat. Layarnya dapat dilipat ke atas dan ke bawah hingga sudut 180 derajat. Sebagai informasi, layar lipat seperti ini juga hadir di seri Alpha sebelumnya, A300 dan A350.
***
Jika Anda merupakan pengguna kamera saku atau prosumer dan ingin beranjak ke DSLR, fasilitas live-view yang dimiliki oleh kamera ini sangat menarik. Live-view yang cepat serasa menggunakan kamera point & shoot akan membuat Anda tidak gugup dalam beradaptasi dan memelajari kamera ini. Selain itu, layar lipatnya juga sangat menarik dan nyaman digunakan pada pengambilan gambar dengan sudut sulit. Kualitas fotonya pun baik. Noise yang dihasilkan pada ISO tinggi sudah cukup baik meskipun masih di bawah pesaing lainnya di kelas ini yang berformat sama. Dynamic range yang dihasilkan juga baik berkat kehadiran feature DRO (Dynamic Range Optimizer). Secara keseluruhan Sony Alpha A500 ini adalah kamera DSLR yang baik dengan feature yang terbilang lengkap
Spesifikasi
Sony Alpha A500Resolusi 12,3 megapixel
Resolusi Foto (min/max) 2188 x 1192 / 4272 x 2848 pixel
Media Perekam SD/SDHC, Memory Stick Duo/Pro-HG Duo
Format File RAW, JPEG / AVI (Motion JPEG)
Ekivalen ISO ISO 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, 12800
Kecepatan shutter (detik) 30 - 1/4000, bulb
Viewfinder Ada (optis)
Diagonal LCD 3 inci, layar lipat
Koneksi komputer USB
Tipe baterai/isi ulang Sony NP-FM500H / Ya
Charger baterai Ada
Dimensi (plt) 13,7 x 10,4 x 8,4 cm
Bobot (gram) 630 (tanpa lensa)
Garansi 1 tahun
Situs Web www.sony.co.id
Harga kisaran* Rp10.499.000 (bodi + lensa)

* Sony Indonesia, (021) 527-9888
* Minggu pertama Oktober 2009

Plus : Super Steady Shot, live-view cepat, layar lipat, ISO hingga 12800, kualitas foto baik, grip mantap.
Minus : Noise cukup terlihat pada ISO tinggi, tanpa feature video, peletakan tombol agak membingungkan; harga agak mahal.

Skor PenilaianKinerja 4
Fasilitas 4,25
Penggunaan 4
Harga 3,5
Skor Total 3,98


ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Sony Alpha A500 : It's A Sony"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED