Halaman

1.06.2010

Charger Fuel Cell untuk Perangkat Portable


Sumber energi bersih dan ramah lingkungan kini hadir melalui sebuah gadget. Sebuah perusahaan teknologi bernama Horizon Fuel Cell Technologies menelurkan sebuah inovasi bernama Hydrofill.

Pada hajatan Consumer Electronics Show di Las Vegas nanti, Horizon akan memperkenalkan Hydrofill, fuel cell atau sel bahan bakar ramah lingkungan. Fuel cell adalah sebuah alat elektrokimia yang mirip dengan baterai, tetapi berbeda karena dirancang untuk dapat diisi terus reaktannya. Fuel cell memproduksi listrik dari penyediaan bahan bakar hidrogen dan oksigen dari luar.

Fuel cell yang dihadirkan Horizon dalam sebuah gadget bernama Hydrofill ini sangat cocok untuk mengisi energi perangkat elektronik kecil dan akan segera dipasarkan dalam waktu dekat.

Seperti dilansir CNet, Rabu (6/1/2010), Hydrofill mengekstraksi gas hidrogen dari air dan menyimpannya dalam sebuah cartridges berbahan logam campuran yang menyerap hidrogen. Ketika akan mengisi energi perangkat elektronik, pengguna harus menggunakan sebuah charger fuel cell seukuran saku bernama MiniPak. Charger ini menarik hidrogen dari cartridges dan menghasilkan arus listrik.

Hydrofill hadir satu perangkat dengan charger USB dan adapter ponsel. Horizon pun menawarkan sebuah charger baterai AA sebagai opsi tambahan.

Horizon menyebut perangkat yang diperkenalkannya ini merupakan langkah kecil menuju sebuah solusi yang dinamakan ekonomi hidrogen, dimana hidrogen merupakan pembawa sumber energi dan fuel cell yang menghasilkan listrik.

Sebelumnya, Horizon pun pernah membuat sistem pengisian energi off-grid portabel yang berukuran lebih besar dengan teknologi yang sama. Perangkat ini tengah dipertimbangkan untuk dipakai di cakupan yang lebih luas, misalnya untuk perlengkapan berkebun.

Sistem pengsian energi perangkat elektronik oleh Hydrofill diklaim sangat bersih karena reaksi kimia yang terjadi dalam fuel cell hidrogen hanya memproduksi uap air dan tidak menyebabkan polusi udara.

Hydrofill disebut-sebut dapat memompa daya sebesar 2,5 watt. Dengan perhitungan daya sebesar ini, Hydrofill sangat cocok digunakan untuk mengisi energi ponsel cerdas, kamera digital kecil, GPS, serta ponsel yang menggunakan charger USB 5-volt.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Charger Fuel Cell untuk Perangkat Portable"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED