Laman

1.28.2010

Industri Animasi Indonesia Booming 2011


Industri animasi di Indonesia diperkirakan akan mulai booming pada tahun 2011. Salah satu faktor pendorong meningkatnya industri animasi adalah harga hardware yang semakin turun serta peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Demikian dikatakan pakar internet I Made Wiryana pada acara seminar Teknologi Informasi bertajuk ' Melirik Peluang Bisnis Industri animasi di Roxy Square Jakarta, Kamis (28/1/2010).

Seminar tersebut merupakan bagian dari rangkaian Roxy Computer Expo (ROCE) 2010 yang berlangsung dari 18 Januari hingga 31 Januari. Acara tersebut adalah kali kedua yang diselenggarakan Asosiasi Harco Roxy Square Computer Center (HRCC) ROCE 2010 berlangsung di Roxy Square, Jl. Kyai Tapa no.1, Jakarta.

"Saat ini harga hardware semakin turun, berbeda dengan tahun 1990 an di mana harga hardware masih tinggi, dan itu akan memudahkan seorang animator untuk membuat karya-karya animasi," kata Made dikutip dari Okezone.

Made mengatakan, saat ini sebenarnya yang masih menjadi kendala dalam pertumbuhan industri animasi antara lain faktor Sumber daya manusia. "Bukannya saya bermaksud untuk merendahkan animator, itapi sudah saatnya animator di Indonesia diberi pembobotan pengetahuan mengenai IT," kata Made yang juga dosen Universitas Gunadarma tersebut.

"Untuk mendukung industri animasi dibutuhkan pengetahuan dan skill terutama untuk bisa menghasilkan dan memanfaatkan tools animasi. Animator juga harus menguasai konsep-konsep teori, Apalagi di era perdagangan bebas seperti ini,"

Saat ini made melihat, animasi akan banyak diginakan di bidang iklan, sementara untuk film animasi Indonesia belum berbicara banyak.

"Saya yakin maksimal pada tahun 2011 nanti industri animasi akan mulai booming,meskipun sulit ya untuk memprediksi segala sesuatu di Indonesia," kata Made.

Sementara itu, pengembang game Nusantara Online, Chairul Fahmi mengatakan industri animasi merupakan bisnis paling potensial di Indonesia. Para pelaku industri kreatif dapat mengambil berbagai sumber konten Indonesia yang sebenarnya bertebaran dan tak kalah dengan negara lain.

"Indonesia memiliki 33 provinsi, dan 726 bahasa ini bisa diartikan bahwa masih baanyak sumber-sumber untuk dikembangkan sebagai konten," kata Chairul.

Chairul mengatakan keuntungan yang diraup untuk salah satu film animasi sangat berlipat ganda. Dicontohkannya, film animasi besutan Pixar Animation seperti The Incredibles yang dibuat pada tahun 2004 berhasil meraup keuntungan USD631.442.092 padahal biaya produksinya hanya sekira USD92 juta.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Industri Animasi Indonesia Booming 2011"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED