Halaman

1.22.2010

Nge-Charge Ponsel dengan Celana Jeans


Tim dari Stanford University mengembangkan cara baru untuk mengisi ulang baterai ponsel, yaitu dengan aliran listrik dari pakaian yang Anda kenakan.

Dengan temuan ini, saat pengguna ponsel bepergian, mereka tak perlu kerepotan mencari stop kontak untuk mengisi ulang baterai ponsel. Cukup menyambungkan kabel dari celana jeans atau kemeja yang dipakai ke ponsel, maka baterai ponsel pun langsung terisi arus listrik. Namun sebagai gantinya, sepanjang malam sebelum bepergian pengguna harus mengisi pasokan listrik pada pakaian hingga penuh.

Yi Cui dan timnya bekerja keras mengubah bahan kain dan polyester biasa menjadi bahan tekstil penghantar energi yang berfungsi sebagai charger untuk isi ulang baterai ponsel.

"Temuan ini merepresentasikan perkembangan materi jenis baru dengan berbagai fungsionalitas baru seperti fleksibilitas, elastisitas, dan lain sebagainya. Bahan tersebut bisa digunakan untuk beragam aplikasi dan rancangan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan dengan teknologi tradisional," kata Yi Cui seperti dikutip dari TG Daily, Jumat (22/1/2010).

"Pakaian olahraga berbahan khusus, penyimpan energi portabel, serta sistem monitoring kesehatan yang ditanam, merupakan contoh aplikasi baru yang gencar dikembangkan," tambahnya.

Dalam temuannya ini, Yi Cui menggunakan 'tinta' berbahan karbon nanotube tunggal. Tinta ini kemudian diaplikasikan pada bahan katun dan serat polyester untuk pakaian, sehingga mengubahnya menjadi bahan ajaib yang bisa menyimpan listrik.

Yi Cui mengklaim, serat bahan ini memiliki fleksibilitas dan elastisitas seperti bahan katun dan polyester biasa. Bahan ini pun sama seperti bahan pakaian pada umumnya yang bisa dicuci dan dikeringkan berulang kali.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Nge-Charge Ponsel dengan Celana Jeans"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED