Halaman

3.15.2010

Ada Tujuan Mulia Dibalik Astronomi


Gaung astronomi mulai bergema sejak ditetapkannya tahun 2009 sebagai Tahun Astronomi Internasional. Kendati demikian, Ketua Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) Tersia Marsiano tidak mau berharap banyak.

Seperti bidang ilmu pengetahuan lainnnya, dunia astronomi terus berkembang. Namun di Indonesia, perkembangannya cenderung stagnan. Astronomi belum familiar di telinga sebagian besar masyarakat. Bidang ini masih diangap mahal dan tak dapat dijangkau. HAAJ sebagai salah satu organisasi astronomi berupaya mengubah paradigma tersebut melalui berbagai kegiatan yang mereka adakan.

"Bagi yang memiliki minat di bidang ini, astronomi adalah sesuatu yang menarik. Tujuan kami adalah bagaimana mensosialisasikan astronomi ke masyarakat," kata Tersia Marsiano seperti yang dikutip dari Okezone, Minggu (14/3/2010).

Ian, demikian dia biasa disapa menyebutkan HAAJ tidak memaksa setiap orang agar menyenangi astronomi. Namun menurutnya, mempelajari astronomi bisa membuka gerbang untuk mempelajari cabang ilmu sains lainnya.

"Saya akui Tahun Astronomi Internasional dan Olimpiade Astronomi merupakan etalase astronomi yang paling sukses mengenalkan astronomi ke masyarakat," kata Ian.

Namun begitu menurutnya, dari rangkaian kegiatan-kegiatan astronomi yang diadakan, hanya akan menarik sedikit orang yang benar-benar memiliki sense of astronomy. "Contohnya, bisa mengumpulkan dua hingga lima orang setelah kegiatan Star Party atau observasi langit, itu sudah jumlah yang cukup bagi kami," kata Ian.

Dia pun mengungkapkan rasa kecewanya kepada sebagian pihak yang menjadikan Olimpiade Astronomi sebatas ajang untuk mendapatkan medali. "Pada akhirnya, hal itu hanya untuk menaikkan gengsi sekolah ketimbang pengembangan dari bidang astronomi itu sendiri. Sense of astronomy-nya kurang," kata Ian.

Padahal menurutnya, ada tujuan mulia yang harus digali dalam astronomi ketimbang sekedar gengsi mendapatkan medali. "Ketika mulai mempelajari astronomi, kita di sini hanyalah satu titik kecil yang tidak ada apa-apanya. Itulah yang harus kita gali," tandasnya.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Ada Tujuan Mulia Dibalik Astronomi"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED