Halaman

12.29.2009

Bahasa Indonesia Harus Diutamakan dalam Pembuatan Iklan


Perusahaan periklanan dan media diharapkan harus mengutamakan pemakaian Bahasa Indonesia, dibandingkan bahasa asing dalam pembuatan iklan.

"Kita harus mentaati disiplin berbahasa Indonesia, dengan mengutamakan bahasa tersebut dalam periklanan," kata Pakar Bahasa Indonesia, Shafwan Hadi Umry, pada sarasehan Bahasa Indonesia memperingati HUT ke-63 Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) Sumut di Medan, Senin.

Menurut dia, pembuatan iklan itu berfungsi membentuk pola pikiran masyarakat mengenai suatu gagasan.

Untuk itu, katanya, harus diutamakan dalam Bahasa Indonesia, karena bahasa tersebut juga merupakan identitas bangsa.

Shafwan menyayangkan, masih saja terdapat papan iklan di sejumlah lokasi di Medan, memakai bahasa asing sebagai penyampai informasi utama, padahal yang banyak melihat iklan itu warga Indonesia.

"Peraturan pemakaian bahasa asing di tempat umum telah diatur, sehingga harus kita jalankan," kata Umry mantan Ketua Balai Bahasa Medan itu.

Pemerintah daerah perlu melakukan penertiban terhadap pemasangan iklan yang menggunakan bahasa asing.

Peraturan itu, berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 20 Tahun 1991 tanggal 18 April 1996, yang mengajak seluruh bupati dan wali kota seluruh Indonesia untuk melaksanakan Gerakan Penertiban Pengguanaan Bahasa Asing.

Upaya itu dilakukan, sebagai upaya pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia serta meningkatkan mutu penggunaannya sebagai modal pengukuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dosen Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan, Azhar Umar mengatakan, Bahasa Indonesia merupakan indentitas bangsa, sehingga penggunaannya secara tertib dan santun perlu dilakukan.

Pemakaian bahasa itu, guna melindungi dan melestarikan Bahasa Indonesia agar tetap indah dan berkembang.



ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Bahasa Indonesia Harus Diutamakan dalam Pembuatan Iklan"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED