Halaman

12.28.2009

Dunia Maya Sepanjang 2009 --Berita Lokal Mendunia via Twitter di 2009


Peristiwa yang terjadi di Indonesia tidak hanya mendunia lewat bantuan media asing. Mikroblogging Twitter bisa jadi telah berperan cukup besar dalam memperkenalkan Indonesia, baik maupun buruk, ke dunia internasional.

Meski belum diketahui berapa banyak pengguna internet di Indonesia yang tergabung menjadi bagian dari Twitter, namun tercatat, tema tentang peristiwa di Indonesia sempat beberapa kali muncul dalam 10 besar trending topics. Ini merupakan bukti jika pengguna Twitter di Indonesia cukup banyak.

Trending Topics sendiri muncul ketika Twitter mencoba untuk berbenah dengan menggelontorkan fitur-fitur baru. Fitur lainnya yang masuk bersamaan dengan Trending Topics adalah fitur ReTweet dan List. Namun berdasarkan fungsi dan kegunaannya, fitur ReTweet paling banyak digunakan. Sedangkan Trending Topics hanya cukup menarik perhatian.

Fitur Trending Topics merupakan kumpulan tema terhangat yang sedang menjadi pembicaraan para pengguna Twitter. Pengguna Twitter yang kebanyakan berasal dari mancanegara membuat kontribusi topics yang paling sering muncul memang berasal dari dunia internasional. Meski sesekali. Indonesia sempat berkontribusi dalam Trending Topics ini, khususnya jika ada peristiwa yang cukup menarik dibicarakan atau diperdebatkan di kalangan pengguna Twitter tanah air.

Menurut data TwitterHolic, mereka memperkirakan ada lebih dari 10.000 pengguna Twitter yang berasal dari Indonesia. TwitterHolic sendiri merupakan situs statistik yang memberikan informasi mengenai pengguna twitter teraktif dan terbanyak di Indonesia. Situs statistik yang tidak memiliki afiliasi langsung dengan twitter ini mendeteksi ada sekira 10.662 pengguna Twitter di Indonesia.

Berikut ini beberapa trending topics lokal yang berhasil memeriahkan Twitter,

#Bomb Jakarta
Peristiwa pengeboman yang terjadi di Jakarta cukup membuat heboh pengguna Twitter. Peristiwa yang berlangsung pada 17 Juli lalu ini sempat masuk dalam 5 besar trending topics. Jika Ritz Carlton masuk menduduki posisi 4 Trending Topics di Twitter, topik dengan istilah Jakarta berhasil menduduki posisi kedua di top trending topics. Bahkan, topik ini mengalahkan perbincangan mengenai Michael Jackson yang saat ini menduduki posisi 6 trending topics di Twitter. Serta mengalahkan topik mengenai pemilu di Iran. Namun topik mengenai Harry Potter masih menjadi perbincangan hangat dan mendominasi Tweet di Twitter.

#MbahSurip
Kematian Mbah Surip langsung mendunia di Twitter. Bahkan, topik mengenai Mbah Surip menjadi trending topik nomor 1 mengalahkan Bill Clinton dan menyingkirkan Michael Jackson. Mbah Surip merupakan penyanyi yang cukup fenomenal melalui lagunya yang bertajuk 'Tak Gendong'. Entah seberapa kuat fenomena Mbah Surip sehingga mampu mendunia di Twitter. Padahal Indonesia bukanlah pengguna Twitter terbesar. Apalagi, lagu Mbah Surip sendiri belum pernah diperdengarkan maupun disadur ke dalam bahasa Inggris. Kematian Mbah Surip sendiri terjadi pada 4 Agustus lalu.

#Batik
Twitter menampilkan dua tema berkaitan dengan batik, yaitu 'Happy Batik Day' dan 'Batik'. Keduanya masuk dalam 10 besar trending topic. Jika 'Happy Batik Day' berada di posisi 7 maka kata 'Batik' saja masih menempati posisi 9 di trending topic Twitter. Rupanya 'Happy Batik Day' lebih mendunia ketimbang 'Batik'. Buktinya pengguna Twitter dari luar Indonesia juga mendukung kebudayaan asli Indonesia ini dengan menyematkan kata 'Happy Batik Day' dalam setiap tweet mereka. Sedangkan pengguna tweet 'Batik' kebanyakan berasal dari dalam Indonesia. Trending topics ini berlangsung pada 2 Oktober lalu, sesaat setelah Unesco meresmikan Batik sebagai warisan budaya Indonesia.

#IndonesiaUnite
Dua ledakan bom di Jakarta memang sempat menduduki trending topics di Twitter. Namun tak lama, trend tersebut berganti menjadi #IndonesiaUnite. Gerakan yang berupaya menyadarkan Indonesia agar tidak takut terhadap teror bom ini sempat menduduki posisi 1 dalam daftar Trending Topics.

#BukaSemangatBaru
Coin A Chance, sebuah gerakan sosial yang mengumpulkan 'recehan' atau uang logam untuk membantu anak-anak putus sekolah baru saja meluncurkan sebuah program baru, 'Coin-Collecting Tweets' (CCT). Program CCT hadir atas kerjasama antara Coin A Chance dengan perusahaan minuman ringan Coca Cola. Melalui CCT, para donatur yang berada di luar Jakarta bisa menyalurkan uang receh mereka dengan memasang hashtag #bukasemangatbaru di Twitter. Satu hashtag akan dihargai sekira Rp100.

#Gempa
Di dalam situs mikroblogging tersebut, setidaknya ada tiga kata kunci yang masuk di dalam daftar paling populer tersebut, yaitu 'Jakarta', 'Gempa' dan 'Earthquake. Dan dari ketiganya, kata Earthquake yang masuk paling atas, dengan menempati posisi ke lima. Kejadian gempa yang berlangsung pada bulan Oktober ini langsung menyita perhatian pengguna Twitter.

#IndonesiaBanget
Pada bulan November, sebuah hashtag secara tidak sengaja terbentuk. Hashtag dengan tajuk #IndonesiaBanget itu menunjukkan keunikan-keunikan Indonesia. Meski tidak sampai menduduki posisi satu namun #IndonesiaBanget cukup puas bertengger di posisi dua. Tidak heran. Pasalnya, hashtag tersebut mampu menghasilkan sekira 8500-an tweet dalam kurun 16 menit.

#PendetDance
Terdapat tiga hashtag untuk kategori tari Pendet ini di twitter, yaitu #PendetDance, #PendetIndonesia, dan #Bali. Beruntungnya, masing-masing topik tersebut masuk ke dalam 10 besar trending topics di Twitter. Hashtag ini muncul setelah berita mengenai aksi Malaysia yang mengklaim tari Pendet merupakan budaya negeri Jiran tersebut tersebar melalui sebuah video Visit Malaysia. Sontak, warga Twitter langsung memberitahukan kepada dunia melalui Twitter, dengan cara ini.

#Menculik Miyabi
Oktober silam, film Menculik Miyabi menjadi kontroversi. Pasalnya, film ini benar-benar akan melibatkan bintang porno asal Jepang, Maria Ozawa atau yang lebih dikenal sebagai Miyabi. Meski tidak menduduki posisi teratas, namun hashtag dengan tajuk Menculik Miyabi sempat menduduki posisi 10 besar dalam trending topik di Twitter.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Dunia Maya Sepanjang 2009 --Berita Lokal Mendunia via Twitter di 2009"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED