Halaman

12.19.2009

Semakin Cepat Dengan Jaringan 4G


Layanan 4G komersial pertama telah diluncurkan oleh TeliaSonera dan Ericsson di Stockholm, Swedia. Peluncuran komersial tersebut diadakan lebih cepat dari yang telah direncanakan. Tentu Anda penasaran, apakah layanan komersil pertama di dunia tersebut berhasil menghadirkan layanan Internet yang kencang bagi para pelanggannya? Peralatan apa yang harus digunakan para pelanggannya untuk mendapatkan koneksi 4G atau biasa dikenal dengan istilah Long Term Evolution (LTE)?

Para pelanggan TeliaSonera yang ingin memanfaatkan jaringan koneksi 4G dapat menggunakan modem buatan Samsung. Peralatan Samsung tersebut diberi nama Dongle atau GT-B3710. Dengan menggunakan modem tersebut, para pelanggan dapat melakukan download dengan kecepatan hingga 100Mbps. Kecepatan tersebut diklaim sepuluh kali lebih cepat dari servis Turbo 3G. Modem ini telah support range frekuensi LTE yang ada di 2.6GHz. Samsung mengumumkan kalau mereka akan mengupdate versi modem yang sudah ada agar mampu bekerja “backward” sehingga modem tersebut dapat mendukung HSPA dan EDGE.

Sedangkan TeliaSonera menggunakan perangkat hasil pengembangan Ericsson, yaitu RBS6000. RBS6000 menggunakan sebuah jaringan Evolved Packet Core yang merupakan sebuah solusi bachkaul bergerak. Solusi tersebut adalah penerus SmartEdge 1200. Sistem LTE yang mereka gunakan berdasarkan standar 3GPP untuk teknologi radio Long Term Evolution dan teknologi Evolved Packet Core.
Kecepatan yang didapat oleh para pelanggannya sebenarnya tidak mencapai batas maksimal yang dijanjikan. Mereka mendapatkan kecepatan seperti ini:

• Download speed : 42.78Mbit/
• Upload speed : 5.30Mbit/s.
• Ping : 37ms



Cukup cepat, bukan? Apalagi kecepatan tersebut dicapai menggunakan Wireless Modem, bukan melalui kabel LAN. Namun, tetap saja ada kemungkinan kalau yang menggunakan LTE masih sangat sedikit sehingga kecepatan yang didapat sungguh cepat.


ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Semakin Cepat Dengan Jaringan 4G"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED