Halaman

1.16.2010

Advan GT65: Memikat bagi yang Cekak


Meski notebook ringan jadi tren namun tak semua orang membutuhkan komputer yang selalu dijinjing ke mana-mana. Segmen ini biasanya membutuhkan notebook sebagai pengganti desktop untuk bekerja di meja dan lebih mementingkan kinerja serta harga dibandingkan desain yang manis. Kebutuhan inilah yang membuat notebook dengan layar besar dan bobot yang cukup berat tetap eksis, khususnya di tengah gempuran model kecil-ringan yang banyak dipromosikan vendor. Advan pun memerbarui model mereka untuk kelas ini, salah satunya lewat seri GT65.
Tak ada hal yang menarik dari desain GT65 karena bentuknya memang cenderung datar meski lapisan luar cover memakai bahan glossy yang mulus. Notebook dengan layar 14,1” ini juga cukup berat (2,5 kg) dan jelas tidak nyaman dibawa bepergian. Hal menarik muncul pada bagian keyboard di mana tombol-tombolnya tampak besar dan melebihi ukuran keyboard standar sehingga nyaman ditekan. Satu lagi kelebihan produk ini terletak pada penggunaan layar dengan pencahayaan LED yang membuat tampilan lebih cemerlang. Layar berlampu LED agaknya mulai banyak dimanfaatkan vendor sebagai keunggulan notebook mereka.
Faktor kinerja tampaknya juga lebih diutamakan pada GT65. Ini terbukti dengan penggunaan prosesor Intel T6570 2,1GHz dan harddisk berkapasitas 250 GB yang cukup lega. Namun penggunaan chipset SiS M672/968 kami duga tak akan mengoptimalkan kinerja notebook ini.
Seperti diketahui, sebagian chipset SiS memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan chip Intel meskipun harganya memang lebih murah. Dukungan chip grafis di GT65 juga mengandalkan SiS Mirage 3 yang setara dengan VIA Chrome 9 dibandingkan dengan GM965 (X3100) atau GL40 (X4500) dari Intel.
Advan tampaknya memangkas kelengkapan pada GT65 mungkin karena ingin menekan harga jualnya. Pada notebook ini tak ditemui slot Express Card dan juga port FireWire, fungsi Bluetooth, dan juga hilangnya fasilitas modem dial-up layaknya ciri khas jajaran produk Advan.
***
Jika disimpulkan, Advan GT65 merupakan notebook pengganti PC dengan dukungan mobilitas lebih baik. Kekurangan fasilitas di sana-sini menjadi faktor yang tidak kami sukai. Namun harganya yang terjangkau (Rp4,9 juta) jelas sangat memikat bagi mereka yang berkantong cekak. Notebook ini memang lebih ideal bagi mereka yang mementingkan aktivitas office dan Internet semata. Dengan demikian, game 3D tidak termasuk dalam daftar yang diperhitungkan di sini mengingat kemampuan olah grafis produk ini kurang memuaskan. Namun produk ini sudah cukup memadai untuk memainkan game sederhana yang tidak berat. Anda yang lebih berkonsentrasi pada pekerjaan pasti akan merasa cocok dengan kinerja-harga yang menarik pada Advan GT65 ini. (Deny Prasetyo)

Hasil Pengujian
Kami coba sandingkan 2 buah seri Advan, masing-masing seri G2T-64S (berprosesor T6400 dan berlayar 12”) dan seri GT65 (berprosesor T6570 dan berlayar 14”). Antara keduanya tercipta selisih hanya 3,9% dalam hal kemampuan office. Seperti dugaan kami, penggunaan chip grafis SiS Mirage 3 tidak sebaik X4500 yang dipakai G2T-64S. Kelebihan GT65 terlihat pada kemampuan baterai. Itu pun tidak siginifikan karena penggunaan layar 14” yang lebih haus daya.

Spesifikasi Advan GT65
Prosesor Intel Core 2 Duo T6570 (2,1GHz, 2MB cache, FSB 800MHz)
RAM 1GB, DDR2 667MHz
Chipset SiS M672+968
Kartu Grafis SiS Mirage 3+
Harddisk Toshiba 250GB SATA
Optical drive DVD±R
Fasilitas WiFi b/g, LAN, card reader (4-in-1), USB (4), VGA-out.
Layar 14,1 inci, resolusi 1280x800 pixel
Kartu suara Realtek ALC662
Sistem Operasi Free DOS
Baterai 4400mAh
Dimensi 34x24,5x(3,5-4,3) cm
Bobot 2,5kg
Garansi 1 tahun
Situs Web www.advandigital.com
Harga kisaran* Rp4.999.000

* Intech Surya Abadi, (021) 6231-2660
* Minggu pertama November 2009

Plus : Kinerja lumayan baik; keyboard nyaman; harddisk cukup lega; harga jual menarik.
Minus : Desain kurang menarik; bobot berat; pengurangan fasilitas (Bluetooth, modem, Express Card).


Skor Penilaian
Kinerja 4
Fasilitas 3,75
Penggunaan 4,25
Harga 4,5
Skor Total 4,08


SUMBER:INFO KOMPUTER

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Advan GT65: Memikat bagi yang Cekak"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED