Halaman

1.26.2010

Mengonfigurasi WordPress di Ubuntu


WordPress adalah software open source gratisan yang awalnya dirancang untuk blog. Saat ini, ia telah berkembang sedemikian dahsyat berkat ribuan plug-in yang beredar di internet.

Bagi para blogger yang selalu tersambung ke dunia maya, tidak perlu lagi mahal-mahal membeli server hosting. Cukup pakai Ubuntu, aktifkan LAMP, dan tada! Anda sudah bisa ngeblog. Tidak perlu repot lagi upload data karena isi blog bisa di-copy paste seperti halnya operasi file biasa.


Tapi, sebelum bisa menikmati kemudahan ini, Anda mesti bersusah-payah dulu mengonfigurasi Ubuntu. Begini caranya:
1. Jalankan Terminal dan ketik:
sudo apt-get install wordpress


2. Buat symbolic link folder www Apache2 ke folder instalasi Anda dan instal database MySQL baru bernama localhost untuk menggunakan Wordpress. Ketik perintah berikut di Terminal:
sudo ln -s /usr/share/wordpress /var/www/wordpress
sudo bash /usr/share/doc/wordpress/examples/setup-mysql -n wordpress localhost

Jika Anda sudah memiliki nama host untuk WordPress, jangan gunakan localhost, tapi pakai nama host tersebut. Sebagai contoh, kalau website blog Anda adalah sayacoba.com, ketikkan perintah:
sudo bash /usr/share/doc/wordpress/examples/setup-mysql -n wordpress sayacoba.com

3. Jika Anda akan mengakses server Wordpress Anda melalui virtual host, buat file konfigurasi virtual host di folder /etc/apache2/sites-available. Jika sudah, buat symbolic link dari ke folder /etc/apache2/sites-enabled.

4. Restart apache2 dengan perintah:
sudo /etc/init.d/apache2 restart

5. Sekarang, instal WordPress lewat browser. Ketik alamat berikut di browser:
http://localhost/wordpress. Atau, jika Anda menggunakan virtual host, ketikkan alamat situs web Anda.

Catatan: WordPress bawaan dari repositori Ubuntu 9.10 masih menggunakan WordPress yang mengandung bug. Jangan lupa untuk meng-update-nya usai instalasi di atas.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Mengonfigurasi WordPress di Ubuntu"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED