Halaman

1.15.2010

Modifikasi Shortcut di Menu Konteks

Anda pasti pernah menjumpai aplikasi yang menyertakan shortcut aplikasinya di menu konteks. Lihat saja Winamp atau Windows Media Player. Mereka sengaja memasang shortcut di menu konteks agar akses ke suatu program jadi lebih cepat.


Bagaimana cara membuat shortcut seperti itu? Ya pakai saja registri.

Ini caranya:
1. Buka jendela Registry Editor dengan mengetikkan “regedit” di menu Start.
2. Masuklah ke sub key “HKEY_CLASSES_ROOT-*-shell”.
3. Klik kanan di direktori shell, lalu, dari context menu, pilih “New” diikuti dengan “Key”. Sebuah direktori baru akan dibuat dan Anda dapat mengubah namanya sesuai keinginan. Nama direktori ini yang nantinya akan ditayangkan saat menu konteks ditampilkan. Misalkan nama direktorinya “hiburan”.
4. Dengan cara yang sama, buat direktori baru di dalam direktori hiburan. Berikan nama “Command” untuk direktori baru ini. Klik direktori “Command”, lalu klik ganda binary data dengan nama (Default) yang terdapat di sebelah kanan. Setelah boks “Edit String” tampil, isi lokasi (Path) aplikasinya secara lengkap beserta nama aplikasi, formatnya, dan “%1”. Kode “%1” tersebut sifatnya opsional dan berfungsi untuk menjalankan aplikasi secara otomatis. Misalkan lokasinya diisi dengan C:-Program Files-Winamp-winamp.exe “%1”.
5. Sekarang waktunya untuk menuai hasil. Sesuai contoh aplikasi di atas, coba klik kanan di file dengan format MP3. Shortcut hiburan akan ditampilkan di menu konteks. Klik shortcut tersebut dan file MP3 yang Anda pilih akan segera dimainkan.

Untuk menghapus menu konteks yang baru saja dibuat, Anda cukup kembali ke sub key “HKEY_CLASSES_ROOT-*-shell”, lalu hapus segala key yang pernah Anda buat.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Modifikasi Shortcut di Menu Konteks"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED