Halaman

1.17.2010

Nikon D5000: Dari Sang Kampiun


Kamera DSLR Nikon D5000 ini adalah salah satu varian terbaru Nikon yang diluncurkan pada tahun ini. Seolah tidak mau kalah dengan produsen kamera lainnya, Nikon D5000 ini juga menawarkan sejumlah feature baru yang sedang populer di kamera DSLR. Misalnya feature live-view yang dimiliki oleh hampir semua kamera DSLR pada saat ini juga hadir di Nikon D5000. Selain itu, Nikon D5000 ini juga menjadi DSLR kedua Nikon setelah D90 yang memiliki kemampuan video recording. Dan untuk memaksimalkan kedua feature tersebut, Nikon D5000 ini juga dilengkapi dengan layar lipat. Lalu bagaimana kualitas dan kinerjanya?
Nikon memposisikan D5000 ini sebagai sebuah kamera DSLR kelas pemula dengan feature yang berlimpah. Bentuk fisiknya masih terbilang kompak untuk ukuran kamera DSLR, ukurannya mirip dengan beberapa seri Nikon pendahulunya di kelas pemula seperti D40 dan D60. Grip Nikon D5000 ini juga cukup besar, bahan plastik yang digunakannya juga terbilang baik. Grip-nya pun dilengkapi dengan tekstur sehingga kamera ini mantap digenggam. Bobot bodinya yang sekitar 560 gram (tidak termasuk lensa) juga membuat kami merasa cukup mantap saat menggunakannya. Di bagian atasnya, selain terdapat dudukan untuk flash eksternal, terdapat pula sebuah tombol dial yang diletakkan di sebelah kanan di dekat tombol shutter. Total terdapat 13 pilihan modus pemotretan, mulai dari modus otomatis hingga manual.
Nikon D5000 ini merupakan kamera DSLR Nikon pertama di kelas entry-level yang menggunakan sensor CMOS. Kamera ini menggunakan sensor CMOS dengan format APS-C yang mampu menangkap gambar dengan resolusi hingga 12 megapiksel. Untuk media penyimpanannya, kamera ini menggunakan media kartu memori SD/SDHC. Nikon D5000 ini juga telah menggunakan modul autofokus baru. Dengan jumlah titik autofokus sebanyak 11 buah, tentunya produk ini akan bisa membantu Anda saat melakukan pemotretan. Jangkauan sensitivitasnya juga diperluas mulai dari ISO 200 hingga 3200. Namun rentang ini juga masih masih diperluas hingga ISO 6400. Selain memotret dengan hasil JPEG dalam berbagai ukuran dan kualitas, kamera ini juga dapat memotret dengan format RAW. Feature Active D-Lighting juga hadir di kamera ini. Feature ini berguna untuk membantu memerluas dynamic range pada foto yang dihasilkan. Selain itu juga terdapat aneka feature retouching untuk keperluan editing langsung di kamera.
Di awal tadi kami juga menyebutkan bahwa Nikon D5000 ini memiliki kemampuan live-view dan video recording. Ya, layar LCD sebesar 2,7 inci ini dapat digunakan untuk melakukan komposisi dan mengambil gambar. Kinerja autofokusnya pada modus live-view terbilang cukup akurat meskipun masih terbilang lambat dalam mencari fokus. Feature perekaman video pada kamera ini menawarkan perekaman hingga resolusi 1280x720 (HD) dengan frame-rate 24 fps. Dan untuk memudahkan pengguna saat menggunakan live-view atau merekam video, layar LCD yang terpasang dapat dilipat ke bawah. Layar ini dapat dilipat ke bawah hingga 180 derajat, dan 270 derajat ke kanan. Karena engsel layarnya diletakkan di bawah, layar ini tidak bisa dilipat saat menggunakan tripod.
***
Untuk kategori kamera DSLR kelas pemula, Nikon D5000 menawarkan feature yang sangat menarik. Kemampuan live-view dan video dengan layar lipat akan sangat membantu saat mengambil gambar dalam posisi-posisi yang sulit. Hasil fotonya juga terbilang sangat baik. Foto tampil bersih dengan noise minim pada sensitivitas tinggi hingga ISO 3200. Dynamic range yang dihasilkan pun terbilang baik, dan dapat semakin ditingkatkan dengan bantuan feature Active D-Lighting. Kostumisasi pun terbilang cukup leluasa karena Anda dapat melakukan konfigurasi sendiri terhadap parameter foto dan menyimpannya sebagai custom setting. Selain itu, juga terdapat fasilitas retouching yang cukup menarik untuk memberikan variasi pada foto. Secara keseluruhan Nikon D5000 ini adalah sebuah kamera DSLR yang sangat menarik, baik untuk pemula ataupun yang sudah mahir.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Nikon D5000: Dari Sang Kampiun"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED