Halaman

1.05.2010

Suzuki R3, MPV Kompak dengan Platform SX4




Salah satu mobil konsep yang cukup menarik pada New Delhi Auto Expo 10 adalah MPV kompak dari Maruti Suzuki, yaitu R3. Menurut Suzuki Motor Corporation (SMC), MPV ini merupakan hasil rancangan Maruti Suzuki India.

Sementara itu, media otomotif India melaporkan, Maruti Suzuki meluncurkan MPV karena ingin mengikuti jejak Toyota yang sukses dengan MPV Toyota Innova di negara tersebut. Kendati demikian,dimensin Suzuki R3 ini lebih kecil. Kelasnya di bawah Innova. Berarti sekelas dengan Avanza atau Xenia.

Mobil ini dirancang dan direkayasa dengan tiga deret jok. Cukup menarik, mobil ini dibuat pada platform SX4 yang diperpanjang. Versi produksi nantinya dibuat dengan sasis monokok. Dengan demikian, posisi mengemudinya sama dengan sedan ketimbang mobil yang menggunakan bodi di atas rangka.

Ciri khas cukup menarik dari R3, kedua pintu samping membuka secara berlawan arah. Pintu depan ke depan dan belakang ke belakang. Hasilnya, ketika kedua pintu dibuka secara bersamaan, penumpang bisa masuk dengan mudah ke interior. Ini juga akan memudahkan untuk memasukkan barang bawaan berukuran berukuran besar ke dalam MPV ini.

SMC belum menjelaskan mesin yang akan digunakan nantinya untuk MPV kompak ini. Kendati demikian, media otomotif India memperkirakan, Maruti Suzuki akan menggunakan mesin K-Series, dengan pilihan 1,2 atau 1,4 liter.

Juga ada kemungkinan menggunakan mesin diesel. Maklum di India mesin diesel cukup popular.Mesin diesel yang digunakan bisa jadi dari Fiat, Multijet 1,3 liter. Di samping itu, Maruti Suzuki juga akan melengkapi kendaraan ini nantinya dengan teknologi BBG (CNG) terkini.

Menarik pula, karena VW kini punya 20 persen saham di Suzuki, bisa jadi pula produsen Jerman tersebut akan menaruh produk di ruang mesin MPV ini. Dan kalau Maruti Suzuki jadi memproduksinya, dibutuhkan waktu 18-24 bulan. Penampilannya pun berbeda dari konsep yang dipamerkan!

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Suzuki R3, MPV Kompak dengan Platform SX4"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED