Halaman

1.06.2010

Teleskop NASA Tangkap Objek Misterius


Teleskop Kepler pencari planet milik NASA menemukan dua obyek misterius ruang angkasa yang dikelilingi bintang. Namun belum bisa dipastikan apakah benda misterius itu planet atau bintang, rilis Associated Press Senin (4/1).

Kepala ilmuwan Teleskop NASA, Bill Borucki mengatakan, objek itu belum bisa dipastikan planet atau bintang karena memiliki panas ribuan derajat melebihi bintang disekelilingnya. Benda-benda itu jauh lebih besar dan lebih panas dibanding planet yang berada pada tata surya kita.

Temuan itu dibahas pada pertemuan Masyarakat Astronomi Amerika, di Washington Senin (4/1). Peneliti NASA Jason Rowe yang menemukan benda misterius itu untuk sementara menyebutnya sebagai "sahabat panas" (hot companions). Disebut begitu karena benda itu memiliki suhu kira-kira 26,000 derajat Farenheit, bisa melelehkan timah atau besi.

Rowe menduga benda-benda itu mungkin planet yang baru lahir. Planet baru biasanya memiliki suhu yang sangat tinggi, dan Rowe memperkirakan benda itu berumur sekitar 200 juta tahun.

Sedangkan Ronald Gilliland, peneliti dari Institut Ilmu Teleskop Luar Angkasa mengatakan, mungkin benda-benda itu adalah bintang kecil putih yang sekarat dan menanggalkan kulit terluarnya lalu menyusut.

Fokus utama dari teleskop Kepler dalam misinya selama tiga tahun ini adalah untuk mengetahui planet lain di alam semesta. Hanya dalam waktu enam minggu, teleskop Kepler menemukan lima planet baru. Ini lebih cepat dari perkiraan para astronom.
Lima planet baru itu jauh lebih besar daripada bumi, jarak ke bintang-bintang yang mengitarinya jauh lebih dekat ketimbang jarak Bumi ke matahari, dan kondisinya terlalu panas untuk kehidupan. Selain temuan itu masih ada ratusan benda lain yang perlu konfirmasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Teleskop NASA Tangkap Objek Misterius"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED