Halaman

2.12.2010

13 Februari, Promo SMS Gratis Dihentikan


Operator telekomunikasi harus menghentikan promo SMS gratis lintas operator mulai Sabtu 13 Januari mendatang. Layanan promo sms gratis ini dinilai dapat menganggu jaringan dan kenyamanan pelanggan telekomunikasi.

Menurut Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Iwan Krisnandi berdasarkan kesepakatan dengan Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) pada hari ini, mulai besok layanan SMS off-net harus dihentikan.
"Iklan-iklan berbau SMS off-net mulai Senin (15/2) di media cetak dan elektronik juga dihentikan, " ujar Iwan seperti yang dikutip dari OKEZONE, Jumat, (13/2/2010).

Langkah ini diambil, kata Iwan sebagai bentuk tindak lanjut surat peringatan BRTI yang melarang operator untuk menawarkan SMS Gratis.

Sebenarnya, sejak akhir 2008 sudah dikeluarkan surat untuk menghentikan layanan itu. Akhir 2009 kami terbitkan lagi disertai peringatan karena layanan ini kembali marak.

"Layanan itu dilarang karena sistem penagihan SMS masih berbasis Sender Keep All (SKA), bukan interkoneksi," kata Iwan

Bila sistem berbasis SKA dilanjutkan maka ada jaringan yang merana dikirimi SMS tanpa mendapatkan apa-apa selain beban jaringan yang meningkat.

"Ujung-ujungnya kualitas layanan ke pelanggan menurun," katanya. Tapi hingga saat ini, operator bersepakat SMS tetap menggunakan pola SKA.

"Jika berbasis interkoneksi akan ada investasi tambahan untuk sistem kliring dan penghitungan baru biaya produksi," katanya.

ATSI saat ini juga sedang membuat kode etik pemasaran terkait SMS gratis yang mengatur materi iklan dan sanksi bagi pelanggar. Kode etik itu mengatur tentang materi iklan dan sanksi bagi pelanggar.

ARTIKEL TERKAIT

1 orang berkomentar on "13 Februari, Promo SMS Gratis Dihentikan"

Response By  Anonim - 5/18/2013 1:13 AM


Sweet blog! I found it while searching on Yahoo News. Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo News?
I've been trying for a while but I never seem to get there! Thank you

Have a look at my web blog ... click the site

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED