Halaman

2.01.2010

Router Ruang Angkasa Cisco Mengorbit


Teknologi Internet Routing in Space (IRIS) dari Cisco telah berhasil diluncurkan dan mengorbit di ruang angkasa dalam rangka uji coba kapabilitas jaringan dari Cisco IOS dan router on-board.

Pencapaian ini merupakan pemakaian router Internet Protocol (IP) di satelit GEO komersial untuk yang pertama kalinya. Teknologi ini diluncurkan menggunakan satelit Intelsat IS-14 pada 23 November 2009. IRIS merupakan program pengembangan router IP yang tahan radiasi untuk digunakan di satelit dan pesawat ruang angkasa lainnya.

Kemampuan yang diusung IRIS akan mendukung layanan jaringan untuk komunikasi suara, video, dan data, selain itu juga membantu instansi pemerintah, militer serta pihak terkait lainnya untuk dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan Internet Protocol dan perangkat yang telah ada.

“Pencapaian ini merupakan langkah selanjutnya dari strategi kami untuk memperluas jaringan tanpa batas ke ruang angkasa dan mendefiniskan ulang bagaimana satelit dapat mendukung komunikasi. Teknologi ini dapat mentransformasikan satelit komunikasi di seluruh dunia sehingga dapat mengurangi keterlambatan pengiriman data serta meningkatkan efisiensi,” kata Steven Boutelle, Vice President, Cisco Global Government Solutions Group,seperti yang dikutip dari OKEZONE, Senin (1/2/2010).

Ditambahkan olehnya, IRIS menawarkan beberapa kelebihan dibanding dengan teknologi satelit konvensional. Dengan memanfaatkan kemampuan IRIS, pengguna akan mendapatkan pengalaman jaringan mobile yang sebenarnya. Salah satu pengalaman yang akan dirasakan oleh pengguna adalah memungkinkan mereka untuk terkoneksi dan berkomunikasi dengan cara apa pun, di mana pun, dan kapan pun yang mereka inginkan, selanjutnya kemudian beradaptasi dengan kebutuhan pengguna tanpa mengandalkan infrastruktur tetap.

“Teknologi IRIS dari Cisco memilik potensi untuk mengubah bagaimana cara pemerintah menggunakan satelit untuk keperluan militer dan kebutuhan komunikasi lainnya,” tambah Michael Florio, JCTD Operasional Manager, JCTD operational manager, Space and Defense Battle Lab.

Kemampuan IRIS lainnya, dapat menyalurkan data ke lebih dari satu penerima secara langsung, tanpa harus melalui beberapa hop teleport sehingga dapat mengurangi keterlambatan pengiriman data serta meningkatkan penggunaan transponder. Piranti lunak yang terdapat pada router Cisco serta modem onboard dapat di-upgrade ketika berada di orbit, sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas dan kecepatan pengembalian investasi.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Router Ruang Angkasa Cisco Mengorbit"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED