Halaman

2.05.2010

Sistem Operasi Symbian Kini Open Source


Symbian Foundation menyingkap kode sistem operasi ponsel yang paling populer di seluruh dunia, Symbian. Kini, sistem operasi Symbian yang bernilai miliaran dolar Amerika, dibuka secara gratis.

Symbian Foundation memang telah merencanakan hal ini sejak tahun lalu, dan kini Symbian telah benar-benar menjadi sistem operasi yang terbuka, sehingga setiap orang bisa memanfaatkan kode yang dibuka dan memodifikasi platform tersebut.

Langkah ini ditempuh untuk menarik lebih banyak pengembang yang bekerja di ekosistem ini untuk membantu pengembangan platform Symbian ke depan. "Ini adalah upaya migrasi open source terbesar yang pernah terjadi," ujar Lee Williams dari Symbian Foundation, seperti dikutip oleh situs BBC.

Pasalnya, Williams mengklaim ada lebih dari 330 juta ponsel berbasis Symbian yang kini beredar di seluruh dunia. Dengan meng-open source-kan Symbian, ia berharap akan dapat mendongkrak peningkatan inovasi di platform ini.

Tak hanya itu, langkah ini diharapkan juga mampu memperkuat kembali posisi Symbian, di saat pamornya yang semakin melorot, akibat persaingan dengan Google Android dan Apple iPhone.

"Langkah ini sangat berguna bagi Symbian, seperti yang telah dilakukan Google dengan sangat baik dengan Androidnya," kata analis dari Forrester Research dikutip dari BBC.

Symbian Foundation sendiri terdiri dari beberapa pihak, yaitu Nokia, AT&T, LG, Motorola, NTT Docomo, Samsung, Sony Ericsson, STMicroelectronics, Texas Instruments, dan Vodafone.

Williams mengatakan, SYmbina Foundation tetap akan memonitor ponsel-ponsel yang memanfaatk platform ini untuk memastikan mereka memenuhi standar minimum.

Pengembangan Symbian sendiri saat ini masih didominasi oleh Nokia. Namun dengan terbukanya kode sistem operasi ini, Symbian foundation berharap, ini akan dapat semakin dikurangi hingga hanya "tak lebih dari 50 persen" hingga pertengahan 2011.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Sistem Operasi Symbian Kini Open Source"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED