Halaman

3.08.2010

Gempa Taiwan 'Lumpuhkan' 4 Kabel Bawah Laut


Gempa bumi berkekuatan 6.4 skala Richter dan beberapa gempa susulan yang terjadi di Taiwan beberapa waktu lalu yang menyebabkan beberapa kabel serat optik terputus.

"Gempa yang terjadi di Taiwan Selatan dekat kota Pingtung menyebabkan kerusakan pada empat kabel bawah laut di enam tempat yang berbeda," ujar Pengurus APJII, Irvan Nasrun seperti yang dikutip dari OKEZONE, Senin (8/3/2010).

Irvan menambahkan, empat kabel bawah laut tersebut adalah SWM-3, APCN2, CUCN, dan FLAG.

Kabel SWM-3 (Asia Tenggara - Timur Tengah - Eropa Barat 3), merupakan kabel antara Taiwan dan Provinsi Guandong. Kabel tersebut putus sekira pukul 5:26 pada hari Kamis, beberapa jam setelah gempa pertama, dan routing dialihkan sejak pukul 8 malam waktu setempat.

Sedangkan, APCN2 (Asia Pacific Cable Network, Nomor 2), yakni kabel antara Taiwan dan Propinsi Guangdong sempat down. Namun, trafik telah dialihkan pada jam yang sama dengan SWM-3, kemudian APCN juga mengalami gangguan untuk route Taiwan - Hongkong dan keesokan harinya routing sudah dialihkan.

"Untuk CUCN (Cina, US Cable Network) putus pada pukul 9:10 pagi, dan trafik juga dapat dialihkan," kata Irvan

Sementara itu, kabel FLAG (Fiber Optic Link Around the Globe) Loop Asia Utara (FNAL) juga rusak antara Taiwan dan Hong Kong, merobohkan layanan Internet untuk sementara waktu. Layanan pada jalur ini dialihkan dan telah sepenuhnya pulih.

Kendati demikian, Irvan menambahkan, sampai dengan hari ini belum ada laporan dari NAP di Indonesia atas terjadinya gangguan ini.

Seperti diketahui Kamis 4 Maret 2010 Taiwan Selatan diguncang gempa Bumi 6.4 SR sekitar pukul 08.20 waktu setempat. Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa ini berpusat sekira 25 mil barat laut dari kota Taitung di perairan tenggara Taiwan, dan 40 mil timur kota Tainan dan Kaohsiung di perairan barat daya, dengan kedalaman 35 kilometer di bawah permukaan tanah.

Setelah gempa berkekuatan 6,4 skala ritcher, terjadi lagi beberapa kali gempa susulan, yang paling besar berkekuatan terbesar 4,8 SR.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Gempa Taiwan 'Lumpuhkan' 4 Kabel Bawah Laut"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED