Halaman

3.05.2010

Global Warming Picu Penguapan Methane di Kutub Utara


Kondisi pemanasan global semakin kentara di Kutub Utara. Bahkan gas methane yang selama ini terpendam, mulai menguap, lebih cepat dari prediksi sebelumnya.

"Gas methane di kutub utara selama ini tertimbun dalam lautan es. Namun sekarang, gas tersebut mulai terlihat menguap seiring dengan semakin terlihatnya dampak pemanasan global di dunia," ujar peneliti University of Alaska Fairbanks International Arctic Research Center, Natalia Shakhova, seperti dikutip melalui Associated Press, Jumat (5/3/2010).

Menurutnya, gas methane yang keluar dari kutub utara dekat wilayah timur Siberia memiliki jumlah yang hampir sama dengan gas methane yang saat ini tersimpan di seluruh lautan di dunia.

Global warming saat ini masih fokus pada tingginya tingkat kandungan karbondioksida di atmosfir. Namun para peneliti menyatakan, gas methane dapat berfungsi 30 kali lipat lebih efektif dalam menjerat panas, ketimbang karbondioksida.

Dalam catatan, konsentrasi gas methane di atmosfir seluruh dunia berkisar 0,3 dan 0,4 ppm (parts per million), jika berada di musim dingin. Sedangkan saat musim panas, kisarannya menjadi 0,6 hingga 0,7 ppm.

Saat ini, konsentrasi methane di kutub utara rata-rata sekira 1,85 ppm. Angka ini merupakan yang tertinggi dalam 400.000 tahun ini.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Global Warming Picu Penguapan Methane di Kutub Utara"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED