Halaman

3.14.2010

'Kotak Perhiasan' Tetap Terlihat Meski Mendung


Hujan deras yang sempat mengguyur Bogor, tidak menyurutkan para pecinta astronomi bergabung dalam Star Party, yaitu kegiatan mengamati objek langit yang diadakan oleh Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ).

Lebih dari 150 pecinta astronomi telah berkumpul di Gymnasium IPB, tempat kegiatan dilaksanakan sejak pukul 20.00 WIB. Padahal kegiatan baru akan dimulai pukul 22.00 WIB.

Sambil menunggu langit cukup memungkinkan untuk melakukan observasi, para peserta disuguhi tontonan film kartun bertema astronomi. Setelah itu, koordinator HAAJ Muhammad Reyhan memberikan pemahaman dasar mengenai objek langit, dan metode observasi.

"Kami perlakukan semua peserta sama, belajar dari dasar. Karena ada pula peserta umum yang baru ikut dan masih asing dengan berbagai istilah astronomi. Jangan khawatir, kita ajari semuanya dari yang paling mudah," kata Reyhan seperti yang dikutip dari Okezone, Minggu (14/3/2010) dini hari.

Barulah kemudian, di saat langit dinilai cukup cerah, sekira pukul 01.00 WIB para peserta mulai melakukan pengamatan di lapangan. Diakui Reyhan, langit pada dini hari itu memang tak begitu cerah.

"Langitnya mendung, tidak terlalu banyak bintang yang terlihat. Tapi banyak kok objek langit indah yang masih bisa kita lihat," kata Reyhan.

Salah satu objek indah yang diperlihatkan Reyhan adalah kumpulan bintang bersinar bernama Jewel Box yang nampak di sebelah selatan langit.

"Dinamakan Jewel Box karena penampakannya penuh sinar, bagaikan kotak perhiasan," terangnya.

Selain Jewel Box, beberapa rasi bintang seperti libra dan scorpius serta planet saturnus dan mars nampak menyembul di langit mendung Bogor dini hari itu.

Para peserta nampak cukup puas dengan hasil pengamatan masing-masing. Mereka kemudian diminta menuliskan hasil pengamatan mereka pada sebuah lembar kerja yang formatnya hampir sama dengan milik para ilmuwan. Untuk kemudian dinilai.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "'Kotak Perhiasan' Tetap Terlihat Meski Mendung"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED