Halaman

3.19.2010

LIPI Ciptakan Mobil Hemat BBM


Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Telimek) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperkenalkan mobil hibrida.

Mobil yang diklaim hemat BBM tersebut merupakan hasil pengembangan dan riset para peneliti LIPI selama empat tahun.

Saat ini LIPI sedang mencari investor yang bersedia memproduksi mobil 100 persen buatan Indonesia tersebut secara massal.

"Jika dijual harganya dapat mencapai Rp200 juta," ujar peneliti Telimek Abdul Hapid saat pengenalan mobil hibrida tersebut di Gedung LIPI Bandung,seperti yang dikutip dari OKEZONE,Kamis (18/3/2010).

Hapid mengungkapkan, karya LIPI yang diberi nama The 1st Hybrid Electric Vehicle itu menggunakan teknologi mobil listrik dikombinasikan dengan mobil hibrida bertipe memakai generator dan baterai.

Dua energi tersebut berfungsi sebagai penggerak mobil. Energi utama berasal dari listrik yang disimpan pada motor listrik. Adapun energi tambahan berasal dari mesin generator yang menggunakan BBM seperti bensin maupun solar dan hanya berfungsi jika dibutuhkan.

Untuk sementara mobil hibrida LIPI menggunakan motor listrik dengan mesin berkapasitas 160 cc. Mobil berukuran mini yang penelitiannya menghabiskan dana Rp2,5 miliar itu dapat menghemat pemakaian BBM hingga 50 persen.

"Perbandingan dengan mobil yang menggunakan BBM, 1 liter seharga Rp4.500 menempuh jarak 8 km. Dengan tenaga listrik, cukup mengeluarkan sekitar Rp2.000," ungkapnya. Pengembangan mobil ini bertujuan mengatasi ketergantungan BBM dan mengurangi efek pemanasan global.

"Mobil ini juga dapat berkontribusi dalam penurunan emisi gas karbon hasil pembakaran BBM," katanya. Daya yang dihasilkan mobil ini sebesar 43 hp dengan kecepatan maksimal 70 km/jam. Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Syahrul Aiman mengungkapkan, LIPI tidak berwenang memproduksi mobil hibrida secara massal.

"Kita berharap hasil penelitian kita ini terpakai, tetapi ternyata sulit untuk merealisasikan itu. Jika ada yang berminat,kami menyambut baik," paparnya. Selama ini, kata Syahrul, sudah ada diskusi dengan para produsen mobil, tetapi tidak ada kelanjutan dari pembahasan itu.

Selain mencari investor, LIPI juga membutuhkan tambahan anggaran untuk pengembangan lebih lanjut mobil hibrida itu. "Selama ini kami mendapatkan anggaran untuk riset, tapi ternyata membutuhkan dana lebih besar lagi untuk pengembangan selanjutnya. Kami akan terus berupaya melakukan penyempurnaan karena mobil saat ini masih dalam tahap uji," ungkapnya.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "LIPI Ciptakan Mobil Hemat BBM"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED