Halaman

3.05.2010

Microsoft-Primagama Sediakan TryOut UN 2010 Online


Microsoft mendukung Primagama untuk menyediakan sarana pembelajaran online untuk Try Out (ujicoba) Ujian Nasional 2010 dengan menyediakan seluruh sistem dan aplikasi.

Lembaga pendidikan yang tersebar di 144 Kota/Kabupaten dan 33 Propinsi di Indonesia, membuat sistem try out online mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas melalui situs resmi Primagama.

"Sarana pembelajaran ini dibangun berdasarkan data bahwa anak-anak usia sekolah telah memiliki kemampuan yang cukup baik di bidang Teknologi Informasi. Menurut data dari situs jejaring sosial, Facebook, ada sekitar 6.5 juta pengguna yang berusia di bawah 18 tahun di Indonesia saat ini, dari total 18.9 juta pengguna. Mereka adalah pengguna usia sekolah yang banyak menghabiskan waktu untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dalam Facebook, baik menggunakan PC maupun perangkat mobile," ujar Adam Primaskara, selaku General Manager Primagama,seperti yang dikutip dari OKEZONE, Jumat (5/3/2010).

Menurut Adam, pemanfaatan internet di satu sisi merupakan kebutuhan yang memang harus dipergunakan untuk berbagai macam keperluan di era modern ini. Waktu yang dihabiskan oleh anak usia sekolah dalam situs jejaring sosial akan terus meningkat sementara konten pendidikan yang ada dalam situs tersebut sangat terbatas jumlahnya.

"Layanan online Primagama menyediakan fasilitas-fasilitas yang bertujuan memandu pelajar agar dapat belajar secara mandiri dan mempersempit kesenjangan kualitas bahan pembelajaran yang banyak terjadi di pelosok Indonesia," ujar Adam.

Menurut Ananta Gondomono, Academic Program Manager yang menjalankan program Partners in Learning di Microsoft Indonesia, dalam situs ini Microsoft akan menyediakan seluruh sistem dan aplikasi sedangkan Primagama bertanggung jawab dalam penyediaan konten.

"Microsoft Indonesia menggandeng Primagama sebagai penyedia konten karena Primagama merupakan lembaga pendidikan yang telah berpengalaman dan tetap konsisten dalam menjaga kualitas layanan akademik," kata Ananta.

Primagama selama ini menyediakan modul belajar yang berkualitas, soal-soal evaluasi, maupun paket pengayaan yang selalu berkaitan dengan GBPP (Garis-garis Besar Program Pengajaran) dan kisi-kisi SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Nasional. Primagama juga telah berpengalaman dalam memenuhi kebutuhan siswa secara personal baik dengan tujuan untuk menempuh ujian semester, ujian akhir, maupun seleksi masuk untuk menempuh pendidikan pada jenjang berikutnya.

"Pembelajaran online memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah sistem belajar online tidak terikat oleh waktu dan tempat, serta memiliki jangkauan yang sangat luas. Interaksi para pelajar dengan media pembelajaran maupun pengajar dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja selama mereka memiliki jaringan internet," ujar Adam.

Adapun sarana yang disediakan di situs Primagama adalah Video tutorial dari para Instruktur Smart Primagama, sehingga pelajar dapat memilih dan mempelajari materi-materi yang belum dipahami, serta interaksi siswa secara langsung dengan para instruktur melalui Video Conference maupun Instant Messaging.

Media pembelajaran online ini lebih mudah dan murah, karena para pelajar tidak perlu datang ke tempat tertentu dan mengeluarkan ongkos transportasi, tetapi belajar dapat dilakukan di rumah. Seluruh siswa calon peserta Ujian Nasional diberi kesempatan untuk melakukan uji coba sehingga meningkatkan pemahaman mereka tentang materi-materi yang akan keluar dalam ujian nasional 2010.

"Manfaat lain Try Out online ini adalah para peserta tidak hanya mengetahui total nilai yang telah mereka capai, tapi dapat mengetahui peringkat sesama peserta Try Out, baik yang berada di wilayah Kabupatan/Kota, Propinsi, dan Nasional. Dengan fitur ini diharapkan terjadi kompetisi yang sehat antar sesama pelajar di seluruh Indonesia," tandas Adam.

Situs PrimagamaPlus juga menyediakan custom browser untuk pelajar yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan pencarian informasi pendidikan. Nilai total Try Out akan ditampilkan melalui IE8 Web Slices sehingga dapat dipantau tanpa membuka halaman web yang lebih dalam.

Menurut Risman Adnan Mattotorang, Senior Developer Advisor, Microsoft Asia Head Quarter, PrimagamaPlus nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas Adaptive Smooth Streaming dari Web Server IIS 7.0 dan Silverlight Runtime untuk menampilkan video-video tutorial dari Primagama. Fitur lain yang masih dalam tahap pengembangan di Microsoft Innovation Center Universitas Gajah Mada (MIC-UGM) adalah interface ke situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, YouTube dan Twitter serta Games edukasi untuk menarik minta dan perhatian pelajar. Inisiatif Try Out ini adalah awal dari perjalanan panjang untuk menciptakan layanan edukasi online yang relevan dengan kondisi siswa saat ini. Infrastruktur layanan online Primagama Plus dibangun oleh salah satu mitra Microsoft, GreenView Asia perusahaan penyedia infrastruktur Cloud Computing.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Microsoft-Primagama Sediakan TryOut UN 2010 Online"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED