Laman

3.23.2010

Rahasia Dibalik Mimpi Buruk


Kehilangan orang yang dicintai, diburu oleh monster mengerikan atau berlari hingga kehabisan tenaga merupakan contoh kisah mimpi buruk yang kerap dialami sebagian besar orang.

Ilmuwan berupaya menguraikan makna dibalik mimpi buruk yang menyebabkan seseorang terbangun dalam keadaan panik. Mereka percaya bahwa mimpi buruk dapat mencerminkan emosi atau hal yang tengah dipikirkan orang yang mengalami mimpi tersebut.

Dilansir Daily Mail, Selasa (23/3/2010), Michael Schredl dari International association for the Study of Dreams melakukan penelitian pada 2.000 partisipan pria dan wanita. Dari jumlah tersebut, 48 persen mengklaim tidak pernah mengalami mimpi buruk. Satu dari sepuluh orang menyebutkan kerap mengalami mimpi buruk beberapa kali dalam setahun.

Dari studi ini diketahui ada lima tema mimpi buruk yang umum dialami setiap orang. Kelima tema tersebut yaitu, terjatuh dari ketinggian, diburu oleh sesuatu yang menakutkan, merasakan lumpuh, terlambat mengikuti suatu peristiwa atau datang ke tempat tertentu, dan kematian seseorang yang dicintai.

Rambut rontok, kehilangan gigi dan duduk di dalam ruangan untuk mengikuti sebuah ujian juga menjadi tema umum lainnya. Pria cenderung mengalami mimpi buruk yang berkaitan dengan tema kekerasan atau dipecat dari pekerjaan. Sementara kekerasan seksual menjadi tema mimpi yang kerap dialami wanita.

"Tema seperti mimpi terjatuh, diburu sesuatu yang menakutkan dan merasakan lumpuh tidak berhubungan langsung dengan pengalaman hidup yang sesunguhnya," kata Schredl.

Dia mencontohkan, monster yang tengah memburu seseorang dalam sebuah mimpi kemungkinan merefleksikan ketakutan orang itu dalam menghadapi tugas tertentu di kehidupan nyata, yang sebenarnya ingin dihindari.

Sementara mimpi mengenai kehilangan gigi dan rambut rontok, umumnya dialami oleh wanita. Schredl menyebutkan mimpi tersebut mencerminkan kekhawatiran mereka tentang perubahan penampilan saat beranjak tua.

"Mimpi buruk merupakan respons pikiran terhadap sesuatu yang tidak dapat diselesaikan. Hal ini dapat memperparah stres. Jika seseorang bisa mengatasinya, mimpi buruk itu akan pergi dengan sendirinya. Seseorang bisa berbohong kepada dirinya sendiri saat tengah terjaga, namun tidak demikian halnya ketika tengah bermimpi," tandasnya.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Rahasia Dibalik Mimpi Buruk"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED