Halaman

3.22.2010

Sel Induk pun Bisa Dijadikan Tenggorokan Buatan


Tim dokter di Inggris melakukan sebuah terobosan di bidang pembedahan, yaitu membuat tenggorokan baru untuk seorang bocah laki-laki 10 tahun dari sel induk.

Jika pembedahan yang mereka lakukan sukses, mereka yakin terobosan ini dapat menggiring dunia medis menuju gerbang revolusi pengobatan regeneratif.

Dilansir Daily Mail, Senin (22/3/2010), operasi pembedahan berlangsung selama hampir sembilan jam, bertempat di rumah sakit anak Great Ormond Street, London. Sel induk yang digunakan diambil dari sumsum tulang si bocah yang disuntikkan kedalam serat kolagen batang tenggorokan.

Setelah berbulan-bulan, tim dokter memperkirakan sel induk tersebut akan mulai bertransformasi di dalam tubuh pasien dan juga diluar sel tenggorokan.

Bocah penderita kerusakan tenggorokan yang identitasnya dirahasiakan itu, dikabarkan kondisinya sangat baik setelah menjalani operasi dan masih menjalani perawatan intens di rumah sakit tersebut.

Hal itu dikatakan oleh Direktur divisi pengobatan tenggorokan Great Ormond Street Professor Martin Elliott yang memimpin operasi ini.

"Dia bernafas dan berbicara dengan baik. Dia sendiri mengatakan kedua hal itu dapat dilakukan lebih mudah ketimbang beberapa tahun lalu sebelum menjalani operasi," kata Elliott.

Karena terbuat dari jaringan tubuhnya sendiri, sel yang baru tumbuh itu tidak berdampak berbahaya terhadap respons kekebalan tubuh. Sementara dengan transplantasi normal, penolakan organ akan berdampak pada penurunan sistem kekebalan tubuh pasien.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Sel Induk pun Bisa Dijadikan Tenggorokan Buatan"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED