Halaman

3.10.2010

Tsunami Besar Panaskan Atmosfir Matahari


Ahli fisika dari University of Sheffield, Inggris akan segera mengemukakan penemuan terbaru mereka mengenai tsunami dan transisi wilayah gempa pada matahari.

Adapun tsunami yang dibicarakan disini bukanlah tsunami yang terjadi di laut melainkan tsunami pada matahari. Temuan ini akan menyibak tabir misteri dibalik tsunami besar yang terjadi pada pusat tata surya sekaligus juga menerangkan bagaimana terjadinya pemanasan korona matahari. Secara sederhana, tsunami matahari ini kemudian berkontribusi menimbulkan badai matahari.

Seperti dilansir Futurity, Rabu (10/3/2010), transisi wilayah matahari terletak pada jarak sekira 2.000 km diatas permukaan matahari yang nampak. Ini adalah lapisan sempit transisi tajam dalam kepadatan dan temperatur antara kromosfer matahari yang relatif dingin, sekira 10 sampai 20.000 Kelvin dan bagian korona teratas yang panas dengan temperatur mencapai 1 sampai 10 Megakelvin.

Para ahli fisika di Sheffield menemukan bahwa transisi wilayah gempa memberikan tenaga pada dasar yang lebih rendah dari korona matahari.

Gempa tersebut kemudian membentuk tsunami besar yang dihasilkan oleh bagian sempit yang berjarak radius 100 km dan panjang 10 sampai 40.000 km, lalu meningkatkan jet plasma dengan kecepatan 10 sampai 100 km per detik.

Saat jet ini menghantam wilayah transisi, mereka membangkitkan wilayah gempa transisi yang saat ini tengah diobservasi dan ditayangkan dalam sebuah model simulasi komputer untuk pertama kalinya.

Terobosan ini memungkinkan para ilmuwan bisa memperkirakan bahwa pada momen waktu tertentu terdapat sekira 60.000 tsunami besar yang menghantam wilayah transisi.

Tim dari University of Sheffield akan mempresentasikan penemuan mereka di hadapan pemerintah Inggris dalam waktu dekat.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Tsunami Besar Panaskan Atmosfir Matahari"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED