Laman

4.16.2010

i-CHAT, Aplikasi Khusus Tuna Rungu


Perkembangan teknologi diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh umat manusia. Tak terkecuali bagi para penyandang Tuna Rungu. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menjawab tantangan tersebut dengan menyediakan teknologi untuk Tuna Rungu.

Telkom meluncurkan sebuah aplikasi dan portal yang akan membantu masyarakat, khususnya para guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunarungu dan orang tua, dalam proses pembelajaran bahasa bagi anak berkebutuhan khusus dalam hal pendengaran di Indonesia.

Aplikasi dan portal i-CHAT (I Can Hear And Talk) Telkom, ditujukan bagi tersedianya media bagi komunitas Tunarungu di Indonesia untuk berinteraksi, saling berbagi ilmu dan pengetahuan, dan metode pembelajaran bahasa, sehingga mereka yang berkebutuhan khusus dalam hal pendengaran ini mampu berkomunikasi, bersosialisasi, tumbuh dan berkembang sebagaimana layaknya orang normal.

Aplikasi tersebut dibuat dalam dua mode yaitu mode offline, dimana user harus melakukan instalasi program pada komputernya dan mode online di mana user dapat menjalankan aplikasi dengan mengakses situs i-CHAT. Program i-CHAT saat ini terbagi dalam 5 modul utama yaitu modul kamus, modul isyarat abjad jari, modul isyarat bilangan, modul tematik, dan modul menyusun kalimat. (Modul 1-4 bersumber dari buku 'Cara Mudah Belajar SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)' yang diterbitkan oleh FNKTRI.

"Gagasan menciptakan teknologi yang ditujukan untuk kalangan berkebutuhan khusus tersebut didasarkan pada pemikiran bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mampu memberikan manfaat besar bagi seluruh umat manusia, baik mereka yang normal maupun berkebutuhan khusus," Menurut Senior General Manager RDC Telkom, Mustapa Wangsaatmaja dalam keterangannya, Jumat (16/4/2010).

Menyusul peluncurannya, Telkom melakukan pelatihan singkat tentang aplikasi i-CHAT kepada 50 puluh guru dari berbagai SLB yang ada di Bandung dan Jawa Barat yang penyelenggaraannya dilakukan bersamaan dengan pelatihan reguler Bagimu Guru Kupersembahkan.

"Tahun 2010 ini, Telkom RDC juga terus bekerjasama dengan Federasi Nasional untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (FNKTRI) melakukan pengembangan lebih lanjut dalam bentuk sebuah aplikasi dan portal yang diberi nama i-CHAT (I Can Hear and Talk)," jelas kata Vice Presiden Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia.

ARTIKEL TERKAIT

1 orang berkomentar on "i-CHAT, Aplikasi Khusus Tuna Rungu"

Response By  Anonim - 1/26/2014 8:21 AM


boleh minta URL buat download aplikasi i-chat yang offline nya enggak? :-/ :I

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED