Laman

4.05.2010

Ilmuwan 'Bodoh' Tolak USD1 Juta


Siapa yang tidak ingin menjadi miliuner? Barangkali hanya seorang ahli matematika asal Rusia yang menolak hadiah USD1 juta.

Grigory Perelman, pria jenius berusia 43 tahun itu tidak dapat memutuskan apakah dirinya menginginkan uang itu atau tidak.

"Menurutnya, dia perlu waktu untuk memikirkannya," kata James Carlson yang menelepon Perelman. Pria pengangguran yang kini tinggal dengan ibunya yang sudah tua renta tersebut memenangkan sebuah penghargaaan bernama Millennium Prize dari Clay Mathematics Institute di Cambridge, Massachusetts.

Dikutip dari Associated Press, Senin (5/4/2010), Carlson menyebutkan dirinya tidak terlalu terkejut melihat ketidakantusiasan Perelman. Si jenius ini rupanya punya sejarah pernah berulang kali menolak hadiah atas kepintarannya.

Pada 2006, Perelman membuat headline di berbagai media ketika mengacuhkan sebuah seremonial di Madrid. Kala itu, seharusnya dia dianugerahi Nobel di bidang matematika. Namun Perelman memilih berdiam diri saja di rumahnya di St. Petersburg.

Untuk penghargaan terbaru ini, saat diwawancara stasiun televisi lokal, dia menyebutkan dirinya belum memutuskan apakah akan menolak hadiah uang tersebut atau tidak. Carlson merupakan orang pertama yang mengetahui hal itu.

Sergei Rukshin, guru matematika Perelman saat SMA, kepada Associated Press pun menegaskan hal yang sama.

Rukshin menyebutkan, muridnya yang sangat introvert itu sudah menganggur sejak lama dan menolak semua tawaran pekerjaan yang menghampirinya. Sebelumnya, dia bekerja di Steklov Mathematics Institute.

"Sejauh yang saya tahu, sejak mendapatkan banyak perhatian dari media dia semakin tidak ingin dikenal publik dan terlihat seperti hewan yang ditonton di kebun binatang," kata Rukshin.

Sementara itu, Carlson menolak menyebutkan nasib hadiah uang tersebut jika Perelman benar-benar memutuskan untuk menolaknya. Bagaimanapun, Carlson sangat menghormati Perelman.

"Menyenangkan bertemu orang seperti dia. Di sisi lain, saya menghormati keinginannya untuk hidup tenang," tandasnya.

ARTIKEL TERKAIT

1 orang berkomentar on "Ilmuwan 'Bodoh' Tolak USD1 Juta"

Response By  ary - 1/30/2011 12:50 PM


wah.... hebat ini org... ada sesuatu yang dia fikirkan...

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED