Halaman

4.01.2010

Jenis Tulisan Kuno Skotlandia Ditemukan


Ada satu hal yang belum diketahui oleh nenek moyang bangsa Skotlandia modern. Yaitu batu ukiran berisi tulisan kuno Picts yang menandai keberadaan masyarakat periode Iron Age di Skotlandia pada tahun 300 hingga 843.

Para peneliti kemudian menganggap penemuan yang kemudian dinamakan Pictish Stones tersebut sebagai batu bernilai seni tinggi atau batu berisi tulisan lambang-lambang.

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam Proceedings of the Royal Society ini menyebutkan Pictish Stone menguak keberadaan bahasa Picts yang belum pernah diketahui sebelumnya, yang diduga dipakai oleh suku Celtic yang hidup pada awal masa modern di Skotlandia timur dan utara.

Rob Lee, profesor dari University of Exeter bersama dengan rekannya Philip Jonathan dan Pauline Ziman menganalisa seni ukir pada ratusan Pictish Stones.

Seperti dilansir Discovery News, Kamis (1/5/2010), dalam studinya, para peneliti menggunakan proses matematika yang dikenal dengan Shannon entropy, guna mengetahui urutan, arah, dan karakteristik lain dari setiap seni ukir yang tercantum di dalamnya.

Data penelitian kemudian dibandingkan dengan sejumlah seni bahasa tulis lainnya seperti huruf hieroglif khas Mesir, tulisan China dan beberapa tulisan Latin masa Anglo-Saxon, dan Irlandia kuno. Hasil analisa menyebutkan, seni ukir pada Pictish Stone tidak memiliki kemiripan dengan karakteristik tulisan-tulisan tersebut.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Jenis Tulisan Kuno Skotlandia Ditemukan"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED