Laman

4.23.2010

Karbon Dioksida Kian Mengancam Air Laut


Peneliti National Research Council melaporkan, senyawa kimia air laut berubah lebih cepat dari 100 tahun lalu. Karbon dioksida yang memadati atmosfir Bumi dituding sebagai penyebabnya. Pasalnya, gas ini kemudian diserap oleh lautan dan berkontribusi pada perubahan kimia air laut yang sangat cepat.

Selama bertahun-tahun, karbon dioksida dan gas hasil industri lainnya menjadi perhatian serius karena dampak terhadap udara, serta meningkatkan suhu udara secara global dalam proses yang disebut efek rumah kaca.

Kondisi ini kian diperparah dengan penyerapan karbon dioksida oleh air laut, yang meningkatkan suhu udara dengan cepat. Selain itu, karbon dioksida yang terserap air laut bisa meracuni air laut dan spesies yang hidup di dalamnya.

Dilansir AFP, Jumat (23/4/2010), sejak dimulainya Revolusi Industri pada abad ke-18, pH atau tingkat keasaman air laut menurun dari 8,2 menjadi 8,1, selanjutnya diperkirakan akan menurun lebih jauh hingga 0,2 atau 0,3 unit pada akhir abad ini. Tingkat perubahan saat ini, dikatakan telah melampaui batas selama kurang lebih 800.000 tahun.

Seperti diketahui, pH merupakan ukuran seberapa besar kadar alkaline atau seberapa beracunnya komposisi senyawa kimia. Tingkat pH pada angka tujuh 7, berarti bahwa senyawa tersebut netral. Semakin tinggi angka, menunjukkan kadar alkaline yang lebih besar, dan semakin rendah angkanya, menandakan bahwa senyawa tersebut lebih beracun.

Laporan National Research Council memberikan catatan bahwa masing-masing negara harus mengambil langkah inisiatif untuk mengurangi kadar racun di air laut.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Karbon Dioksida Kian Mengancam Air Laut"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED