Halaman

4.20.2010

Lensa Kontak Khusus Obati Berbagai Penyakit


Umumnya, lensa kontak hanya digunakan sebatas pengganti kacamata. Kini, generasi terbaru lensa kontak menjadi perangkat kesehatan yang bisa mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari sakit masalah mata serius, sakit kepala sebelah, hingga diabetes.

Contohnya, lensa kontak berwarna merah yang dikembangkan secara khusus untuk menghilangkan derita sakit kepala sebelah. Manfaat lensa kontak berwarna merah sebenarnya sudah dicontohkan oleh kapten tim olahraga kriket Inggris Andrew Strauss, dia menggunakan lensa kontak berwarna merah untuk meminimalisir efek silau cahaya matahari. Lensa kontak ini bekerja menyaring gelombang cahaya yang merangsang penerima retina secara berlebihan, yang umumnya menimbulkan rasa sakit kepala sebelah. Demikian keterangan yang dikutip dari Daily Mail, Selasa (20/4/2010).

Lensa kontak generasi terbaru juga ada yang bisa digunakan untuk mengobati diabetes. Ilmuwan di University of Western Ontario, Kanada telah menciptakan lensa kontak yang secara kimia bereaksi terhadap kadar gula darah yang terdeteksi pada air mata. Oleh karenanya, lensa kontak tersebut berfungsi mengontrol kadar gula darah dan mengingatkan penggunanya untuk rutin mengeceknya.

Selain bisa mengobati sakit kepala sebelah dan diabetes, lensa kontak pun dapat menjadi alat terapi bagi penderita disleksia, yaitu gangguan pada penglihatan dan pendengaran yang disebabkan oleh kelainan saraf pada otak sehingga membuat seseorang mengalami kesulitan membaca. Profesor John Stein dari Oxford University memperkirakan, satu dari tiga penderita disleksia dapat terbantu dengan menggunakan penyaring warna pada lensa kontak mereka.

Manfaat lain dari lensa kontak generasi terbaru yang tengah dikembangkan para ilmuwan saat ini adalah mengobati penyakit kornea, katarak, rabun dekat, atau alat pengecek kesehatan mata secara rutin. Itu sebabnya, tak heran jika beberapa tahun lagi para pemakai lensa kontak memiliki banyak pilihan, tak hanya mementingkan gaya, namun juga mempertimbangkan fungsinya untuk kesehatan.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Lensa Kontak Khusus Obati Berbagai Penyakit"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED