Laman

4.13.2010

Lubang Vulkanik Bawah Laut Ditemukan


Sekelompok ilmuwan dari National Oceanographic Centre menemukan lubang vulkanik bawah laut terdalam di dunia. Lubang vulkanik tersebut ditemukan saat mereka menjelajahi Cayman Trough, wilayah perairan Karibia, menggunakan robot laut bernama Autosub6000.

Diketahui, air di sekitar lubang vulkanik memiliki temperatur yang panas. Para ilmuwan berpendapat, hal ini bisa menjadi petunjuk dalam membeberkan teka-teki permulaan kehidupan di bumi dan spesies makhluk hidup laut yang belum pernah diketahui sebelumnya. Lubang vulkanik bawah laut di perairan Karibia tersebut dapat dilihat pada tayangan video berikut.

"Sangat mengejutkan, mengetahui bahwa di dalam dunia dengan enam miliar lebih penduduk, terdapat bagian dari planet kita yang belum pernah terlihat sebelumnya," tulis salah satu anggota kapal James Cook dalam situs pribadinya.

Menurut para ilmuwan, lubang vulkanik super panas atau yang dikenal dengan sebutan 'Black Smokers', kerap menjadi penuntun para ilmuwan dalam menemukan spesies bawah laut baru. Para ilmuwan menggunakan kapal James Cook untuk menurunkan Autosub6000, yaitu robot yang dikendalikan remote control untuk menjelajahi bawah laut dan menemukan lubang vulkanik.

Seperti dilansir CNN, Selasa (13/4/2010), lubang vulkanik akan retak di dalam kerak bumi yang memungkinkan magma, gas, asap, dan materi lainnya menyembur ke permukaan.Temperatur di wilayah ini bisa mencapai 750 derajat Fahrenheit dan memanaskan air laut hingga temperatur paling ekstrim sebelum memuntahkannya kembali ke laut, yang kemudian terbentuk sebuah erupsi asap.

Para ilmuwan berharap mereka bisa melakukan penjelajahan lebih jauh guna mengidentifikasi makhluk laut baru lainnya, karena makhluk yang dapat bertahan di temperatur ekstrim dapat memberikan petunjuk mengenai asal muasal dimulainya kehidupan di bumi.

"Mereka juga bisa memberikan informasi seandainya ada organisme atau makhluk laut lainnya yang hidup di iklim dan temperatur yang sama, baik di bumi maupun di planet lain," tandas salah satu tim ilmuwan tersebut.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Lubang Vulkanik Bawah Laut Ditemukan"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED