Halaman

4.18.2010

Pentingnya Mendengarkan Musik Saat Olahraga


Berolahraga sambil mendengarkan musik terbukti efektif membuat kita merekam pesan di memori otak lebih lama.

Olahraga dapat meningkatkan kinerja transmisi di dalam saraf dan musik membantu otak untuk mematangkan transmisi tersebut. Sehingga pesan yang kita terima akan lebih cepat ditangkap, plus tinggal lebih lama dalam kepala kita.Tidak hanya itu,bunyi dentuman drum yang sederhana sekalipun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari KOMPAS Minggu April 18 2010,Charles F. Emery, PhD, dari Ohio State University, bersama timnya meneliti 33 orang yang berusia paruh baya. Responden yang terdiri atas perempuan dan laki-laki ini kemudian diminta untuk berolahraga sambil mendengarkan musik dan tanpa musik. Setelah itu, semua responden diminta untuk mengikuti tes verbal dengan cara mendengarkan berbagai macam kata dengan cepat. Hasilnya, responden lebih cepat mengingat kata-kata setelah berolahraga sambil mendengarkan musik upbeat dibandingkan tanpa musik.

Mind-Body-Wellness Center mengamati 111 orang yang dibagi dalam enam kelompok. Dua kelompok pertama, terdiri atas kelompok yang mendengarkan permainan drum, dan kelompok lainnya tidak mendengarkan apapun. Sedangkan 4 grup sisanya diminta untuk berpartisipasi aktif dalam latihan drum. Semua responden dalam 6 grup ini, diperiksa level kekebelan tubuhnya sebelum dan sesudah tes.

Responden yang ada dalam kelompok mendengarkan permainan drum menunjukkan peningkatan sistem kekebalan yang signifikan. Hal yang sama juga terjadi pada kelompok yang diminta latihan drum. “Penelitian ini membuktikan bahwa musik memang memiliki manfaat besar bagi sistem biologis tubuh,” Barry B. Bittman, MD, direktur dari pusat pengobatan di Meadville, memberikan pendapatnya atas penelitian yang dilakukan Mind-Body-Wellness Center.

Di Amerika Serikat, dikenal terapi drum dengan cara mendengarkan permainan drum untuk terapi komplementer berbagai penyakit. Mulai dari kanker, gangguan pembuluh darah, gangguan paru-paru kronik, hingga asma. Tapi berhubung di Indonesia terapi ini belum populer, Bittman mengingatkan kita untuk tidak kuatir. “Cukup kumpulkan wadah-wadah bulat, panci, dan sendok. Lalu minta seluruh anggota keluarga berpartisipasi memukul benda-benda tersebut hingga menghasilkan bunyi-bunyian perkusi yang menyembuhkan!”

ARTIKEL TERKAIT

2 orang berkomentar on "Pentingnya Mendengarkan Musik Saat Olahraga"

Response By  gendu - 4/19/2010 10:47 AM


thank infonya..

Response By  Dhani Muhar - 4/19/2010 11:10 AM


@gendu ssemoga bermanfaat...:D.:D.....Thanks komengnya...:D.:D.....

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED