Halaman

4.05.2010

Robot Buatan Jepang Paling Bahagia


Ilmuwan Jepang berhasil menciptakan robot humanoid wanita mampu mengembangkan senyum dan tertawa layaknya manusia biasa.

Dikutip dari Yahoo News, Senin (5/4/2010),Robot yang disebut dengan nama Geminoid TMF ini dapat menggerakkan wajahnya yang dibalut oleh karet untuk mengesankan sebuah senyuman. Selain itu, Geminoid juga bisa memperlihatkan deretan gigi di sela tawanya yang melebar, atau hanya sekedar sumringah.

Gerakan yang dilakukannya dipicu oleh sinyal elektrik yang diterima melalui seseorang yang menjadi tiruannya.

Dalam demonstrasinya, robot tersebut menyerupai seorang model wanita berusia 20 tahun dengan rambut hitam panjang. Wanita dan robot tiruannya menggunakan baju yang sama.

Robot tersebut mengembangkan senyum dan tawa bersamaan dengan sang model. Ketika si model tersenyum, wajahnya pun direkam dalam sebuah video kamera, yang kemudian menghantarkan informasi data ekspresi tersebut ke robot di sebelahnya melalui sinyal elektrik.

"Saya seperti memiliki saudara kembar," ujar model tersebut.

Menurut ilmuwan perancang Geminoid, robot seperti ini akan sangat berguna untuk menghibur dan menenangkan pasien di rumah sakit, berdasarkan kondisi psikologis.

"Teknologi baru selalu rentan dengan ciptaan yang menakutkan dan opini negatif. Kini kami mencoba membuat temuan yang mampu mengekspresikan emosi manusia," ujar profesor dari Osaka University Hiroshi Ishiguro.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Robot Buatan Jepang Paling Bahagia"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED