Halaman

12.27.2009

Pemerintah Malaysia Akan Buka Museum di Makassar

Pemerintah Malaysia melalui Perbadanan Muzium Melaka akan membuka galeri museum di kota Makassar pada 2010, kata Kepala Perbadanan Muzium Melaka Malaysia, Datuk Wira Hj Hamdin Bin Abdollah di Makassar saat melakukan ramah tamah di rumah jabatan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, Sabtu.

Ia mengungkapkan sejumlah koleksi barang bersejarah peninggalan Negeri Melaka, Malaysia, nantinya dapat disaksikan di galeri Melaka atau museum mini yang dibangun di kota Makassar yang terkenal sebagai kota bandar pelabuhan terbesar pada beberapa abad yang lalu.

Dikatakannya, pihaknya sudah membangun galeri Melaka di Indonesia diantaranya di Sawahlunto, Sumatra Barat, Palembang, Jambi, Aceh dan Lampung.
Ia mengatakan, niatan untuk membangun museum di kota Anging Mammiri itu dikarenakan adanya ikatan silaturahmi yang kuat antara penduduk Malaysia dan Indonesia khususnya masyarakat Bugis Makassar.

Masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Makassar bisa mengetahui sejarah Negeri Melaka dan hubungan dagangnya dengan masyarakat Bugis Makassar melalui museum mini tersebut.

Pihaknya akan mengisi museum mini itu dengan gambar-gambar dan buku sejarah pada zaman dulu bersama artefak-artefak peninggalan leluhur Malaysia.

Menurutnya, galeri yang itu memamerkan bahan penerbitan mengenai Melaka dan ulama-ulama Melaka, serta sejumlah tujuan wisata terunggul di negeri jiran tersebut.

Hadirnya Galeri Melaka terutama di negara-negara anggota Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) telah disepakati bersama dalam konferensi DMDI pada 2007.

Selain itu, galeri Melaka itu juga sebagai salah satu upaya pertukaran budaya antarkedua bangsa serumpun.


ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Pemerintah Malaysia Akan Buka Museum di Makassar"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED