Halaman

12.29.2009

Pendek.in, Penyingkat URL Asli Indonesia


Google dan YouTube baru saja menyediakan layanan penyingkat url (universal resource locator/ alamat internet). Mungkin sudah mulai banyak yang menjajal layanan goo.gl dan youtu.be itu, menggantikan tiny.url atau bit.ly.

Tapi, tahukah Anda penyingkat url lokal besutan orang Indonesia?

Bila belum, silakan dicoba layanan penyingkat bernama pendek.in. Kendati menggunakan domain dari India (.in), pendek.in asli buatan Indonesia.

Sanny Gaddafi, developer asal Jakarta, membuat pendek.in dan mengoperasikannya sejak Februari 2009 lalu.Menurut Sanny, yang juga adalah pendiri jejaring sosial lokal Fupei.com dan Bundagaul.com, membuat pendek.in sungguh tidak sulit. Sebab, pendek.in hanya menyediakan fungsi pemendek, tanpa menyediakan fungsi penghitung statistik, seperti yang dimiliki bit.ly.

Seperti penyingkat url lainnya, kita bisa menggunakan pendek.in dengan melakukan copy-paste url yang panjang, ke kotak 'Masukkan URL'. Setelah itu, pencet tombol 'pendek.in' maka kemudian akan muncul url yang lebih singkat.

Selain itu, pendek.in juga menyediakan script yang bisa ditempel (di-drop-down) ke toolbar browser, sehingga pengguna internet bisa lebih mudah ke situs pendek.in bila hendak menggunakan layanan itu sewaktu-waktu.

Layanan penyingkat url sebenarnya sudah lama ada. Namun, layanan semacam ini semakin dibutuhkan seiring meningkatnya jumlah pengguna layanan mikroblog di Indonesia. Dengan keterbatasan jumlah karakter teks yang disediakan oleh situs-situs mikroblog (140 karakter), jasa penyingkatan url semakin dibutuhkan.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Pendek.in, Penyingkat URL Asli Indonesia"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED