Halaman

12.20.2009

Sapsan, Kereta Api Tercepat Pertama di Rusia


Rusia tak ingin ketinggalan untuk berlomba dalam persaingan teknologi. Baru-baru ini Rusia meluncurkan kereta api tercepat pertamanya, Sapsan.

Seperti diberitakan Xinhua, Jumat (18/12/2009), Sapsan mulai beroperasi untuk rute Moskow menju St. Petersburg. Kereta api tersebut mampu melaju hingga kecepatan 155 mil per jam atau 250 km per jam atau.

Dengan kecepatan tersebut maka

rute Moskow-St. petersburgh yang berjarak sekira 626 km ditempuh Sapsan hanya dalam waktu tiga jam 45 menit.

Namun, Sapsan bukanlah kereta api tercepat di dunia. Untuk Urusan adu cepat teknologi kereta api, Jepang masih mendominasi. Pada tahun 1964, Jepang meluncurkan Tokaido Shinkansen yang mengejutkan dunia. Shinkanzhen yang melayani ruteTokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka mampu menembus kecepatan 201 km per jam.

Selain Shinkhanzen, Jepang juga memiliki JR-Maglev MLX01. Kereta jenis superconducting magnetic levitation train (maglev) yang dalam uji cobanya bisa mencapai kecepatan 581 km/jam.

Tak hanya Jepang, China juga memiliki kereta api maglev, Shangai Maglev Train yang diluncurkan tahun 2004. Kereta yang menggunakan teknologi dari Jerman, itu mampu berlari dengan kecepatan 430 km per jam.

Di Eropa sendiri, kereta api tercepat dimiliki oleh Perancis, dengan kereta Train a Grande Vitesse (TGV). Kereta yang dikembangkan oleh Alstom SA memecahkan rekor kecepatan 515 km/jam untuk kereta dengan roda konvensional.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Sapsan, Kereta Api Tercepat Pertama di Rusia"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED