Halaman

1.06.2010

"God Mode" di Windows 7 Ternyata tidaklah Spesial


Sebuah tweak untuk Windows 7 telah beredar di Internet. Ia diberi label Windows 7 "God Mode." Namun berbeda dengan "God Mode" dalam sebuah permainan, yang satu ini sama sekali tidak menyerupai ‘Tuhan."

Tweak diaktifkan dengan membuat sebuah folder baru dan memberinya nama dengan akhiran string tertentu. String itu adalah {ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}. Lalu mengapa namanya GodMode? Soalnya, ketika pertama kali beredar nama string itu adalah GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}.

Sesungguhnya, tulisan GodMode di depan rangkaian .{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C} bisa diganti dengan nama apa saja. Icon folder yang Anda lihat setelah mengganti nama folder itu akan muncul sebagai Control Panel.

Bagaimana cara kerjanya? Hmm, jika suka mengutak-atik Windows, Anda pasti tidak asing lagi dengan {ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C} sebagai GUID. Nah yang Anda lakukan di atas tadi idem dengan membongkar sebuah fitur developer.

Pertama, Anda telah mendapatkan fitur tak terdokumentasi dari shell di mana folder-folder filesystem bisa dengan mudah dibuat menjadi bagian ruangnama, seperti dijelaskan pada MSDN. Pada dasarnya, sebarang folder yang bernama . akan muncul di bagian yang terlihat di Explorer, dan menavigasi ke folder itu akan membuat Anda masuk ke root ruangnama yang ditentukan oleh bagian dari nama tersebut. Ini tentu saja bukan fitur pengguna, tapi fitur developer.

Hal kedua yang Anda temukan adalah folder “All Tasks.” Ini adalah folder shell khusus yang dipakai sebagai sumber dari hasil pencarian “Control Panel” yang terlihat di menu Start. Folder ini tidak dirancang untuk bisa dilihat-lihat secara langsung seperti folder Control Panel normal (bisa diakses dari Start*Control Panel ) yang berisi item-item yang sama dengan view kustom yang dirancang agar mudah dijelajahi. Folder All Tasks tidak punya custom view, jadi Anda hanya akan melihat daftar Explorer standar.

Sesungguhnya God Mode tidaklah memaparkan hal-hal baru selain apa pun yang selama ini Anda lihat di Control Panel. Yang beda hanyalah tampilannya.

Kendati demikian, bermain-main dengannya boleh dilakukan. Trik ini juga berlaku pada Windows Vista. Cuma yang perlu diingat, kendati bisa dilakukan di Windows 7 versi 32 bit dan 64 bit, Anda tidak tidak disarankan untuk melakukannya di Windows Vista 64 bit karena akan menyebabkan crash. Untungnya sudah tersedia ‘obat penawarnya’ di http://www.windowsvalley.com/blog/create-a-master-control-panel-shortcut-and-explore-the-all-tasks/.

Satu yang juga perlu dicamkan, tindakan ini tidak didukung oleh Microsoft.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on ""God Mode" di Windows 7 Ternyata tidaklah Spesial"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED