Halaman

1.07.2010

Tentukan.com, Kumpulkan Suara Publik


Masih ingat dengan 'Gerakan 1 Juta Dukungan untuk Bibit-Chandra' yang digalang Facebooker tanah air? Siapa yang menduga, dari sebuah situs pertemanan di dunia maya itu menjadi sebuah gerakan yang real di dunia nyata. Tidak hanya itu, masih banyak lagi dukungan yang bisa digiring melalui internet. Ini membuktikan dua hal, internet semakin luas penggunanya di Indonesia dan membentuk sebuah opini bisa dilakukan dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang ternyata masih didengar oleh pihak-pihak yang selama ini menutup mata terhadap kekuatan internet.

Beranjak dari situlah, sebuah situs yang menyuarakan kepentingan publik dibuat. Situs yang beralamat tentukan.com, mengajak semua lapisan masyarakat, khususnya yang akrab dengan dunia internet, bersuara atas apa yang ingin dikehendaki atas dasar kepentingan bersama. Melalui tentukan.com, publik dapat menentukan sikap melalui petisi, poling, dan debat.

Mengunjungi situs tentukan.com untuk pertama kalinya, pengguna tidak akan dipusingkan dengan tampilan yang ruwet. Karena di situs ini, desainnya terlihat sederhana dan rapih, namun kaya berbagai kanal yang ditawarkan. Pengontrol navigasinya pun gampang digunakan, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Beberapa kanal yang ditawarkan adalah poling, di sini pengguna boleh menghimpun suara untuk kepentingan data mengenai sejauh mana keberpihakan mereka terhadap suatu peristiwa. Di laman Petisi pun pengguna juga bisa mendorong pengguna yang lain agar mereka mau mendukung apa yang digulirkan anggota lain.

Tidak hanya sebatas membuat atau memberikan dukungan, pengembang tentukan.com, juga menampilkan hasil suara yang telah terkumpul dari anggota lain. Bahkan secara detail, situs ini memperlihatkan hasil dalam kurun waktu perhari, perminggu, hingga secara keseluruhan. Sehingga, data yang terkumpul secara valid bisa dipertanggung jawabkan, terlebih dengan tambahan fitur komentar untuk menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan.

Salah satu kekurangan yang dimiliki situs ini sendiri adalah, masih terlihat kosong. Ini masih bisa dimaklumi, jika melihat kelahiran situs yang masih kerabat dari salingsilang.com yang tergolong baru. Tapi ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat pengguna internet untuk melihat atau menentukan sikap sebagian besar masyarakat.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Tentukan.com, Kumpulkan Suara Publik"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED