Halaman

3.12.2010

Ilmuwan Temukan 'Ibu' dari Semua Jenis Sel Kulit


Hans Clever dari Royal Netherlands Academy of Arts and Sciences di Utrecht, Belanda menemukan 'ibu' dari semua jenis sel kulit.

Penemuan ini akan mengubah metode pengobatan bagi pasien luka bakar atau luka serius pada kulit. Kesimpulan ini didapat setelah Clevers bersama dengan tim ilmuwan di Belanda dan Swedia melakukan eksperimen pada tikus. Mereka menemukan bahwa sel induk yang menghasilkan semua jenis sel kulit sebenarnya tumbuh dalam folikel rambut. Temuan ini dapat pula diterapkan pada manusia.

"Ini adalah ibu dari semua sel induk dalam kulit. Sel ini menghasilkan sel induk kulit lainnya," kata Clevers seperti dilansir Reuters, Jumat (12/3/2010).

"Sel induk yang sama hidup pada manusia dan kita bisa melihatnya. Temuan ini menjanjikan satu terobosan baru dalam membuat kulit baru," tambahnya.

Clevers kemudian menerangkan bahwa kulit memiliki tiga populasi sel yang berbeda yaitu folikel rambut, kelenjar pelembab sebasea dan jaringan diantara interfollicular epidermis. Sementara itu, sel induk merupakan sel asli atau pengendali untuk semua perkembangan sel manusia.

Dalam uji coba yang dilakukan pada tikus yang memiliki luka pada kulit, Clevers menemuakan bahwa sel Lrg6, yaitu sel induk epidermal berada di sekitar luka dan bekerja memicu pertumbuhan dan perbaikan kulit baru.

Saat ini, para ilmuwan dapat menumbuhkan kulit baru di laboratorium menggunakan jaringan dari sel kulit pasien yang rusak. Namun kulit buatan itu umumnya rapuh, kering dan tidak memiliki rambut sehingga nampak janggal dan tidak alami.

"Dengan 'ibu' sel induk pada kulit, kita bisa menumbuhkan kulit dari sumber aslinya. Sehingga hasilnya akan nampak seperti kulit asli dengan kelenjar sebasea dan memiliki rambut," tandasnya.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Ilmuwan Temukan 'Ibu' dari Semua Jenis Sel Kulit"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED