Halaman

3.09.2010

Jerman Mungkinkan Ponsel Membaca Gerakan Bibir


Penemuan ilmuwan di Jerman yang satu ini bisa membuat seseorang berbicara di ponsel tanpa mengeluarkan suara.

Teknologi seperti ini terutama akan sangat membantu para pengguna ponsel yang sering bepergian dan harus mencari tempat sepi agar bisa bertelepon. Mereka pun tak perlu berteriak-teriak di tengah keramaian agar suara mereka bisa didengar lawan bicara.

Seperti dilansir Telegraph, Selasa (9/3/2010), dengan mengukur sinyal elektrik kecil dari otot yang terlibat dalam aktivitas percakapan, para ilmuwan mengembangkan sebuah perangkat yang dapat merekam apa yang dikatakan seseorang, meski suaranya tidak terdengar. Sistem tersebut kemudian menghasilkan suara ucapan yang jernih dalam versi yang sudah disintesiskan.

Model teknologi ini dipamerkan untuk pertama kalinya di ajang CeBIT yang merupakan pameran teknologi yang rutin diadakan Jerman setiap tahun.

Profesor Tanja Shultz dari Karlsruhe Institute of Technology yang mengembangkan teknologi ini menyebutkan, dirinya terinspirasi oleh orang-orang yang kesulitan bertelepon saat berada dalam kereta.

"Orang yang ada di sebelah saya harus berteriak-teriak dengan lawan bicaranya di telepon. Saya berpikir, hal seperti ini harus diubah," kata Tanja.

Perangkat yang dikembangkan oleh Tanja menggunakan electromyography, yang biasa digunakan untuk mendiagnosa kerusakan saraf. Alat ini memerlukan sembilan elektroda agar bisa menempel pada wajah penggunanya.

Tanja belum berniat memasarkan teknologi temuannya secara massal. Namun menurutnya tidak menutup kemungkinan jika suatu saat nanti dia akan bekerjasama dengan vendor handset untuk mengaplikasikan temuannya ini.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Jerman Mungkinkan Ponsel Membaca Gerakan Bibir"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED