Halaman

3.14.2010

Local Area Network (LAN) Ulangtahun ke 30


Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) 802 LAN/MAN Standards Committee (LMSC) merayakan hari jadi mereka yang ke 30 sebagai organisasi pengembangan standar.

IEEE 802 LMSC didirikan pada Maret 1980 untuk menghadirkan teknologi untuk mengembangkan standar jaringan komputer dan perangkat perkantoran yang interoperasional.

“Mulai dari kedai kopi sampai stasiun luar angkasa, standar yang dibuat oleh komite IEEE 802 telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita secara dramatis dan akan tetap demikian,” kata Paul Nikolich, ketua IEEE 802, seperti yang dikutip dari XbitLabs, 14 Maret 2010.

IEEE 802 memulai ide pembuatan standar Local Area Network untuk berbagi komunikasi lokal di antara perangkat buatan berbagai vendor. Terinspirasi oleh pembuatan High-level Data Link Control Standard dan produk Xerox Ethernet, komite IEEE 802 kemudian membuat jajaran standar jaringan berdasarkan arsitektur yang seragam dan mendukung beragam metode akses pada bermacam media fisik.

Berdasarkan kerja komite, portofolio 802 telah meluas mencapai lebih dari 100 standar inovatif mencakup berbagai teknologi dan aplikasi kini dan yang akan datang.

Meskipun teknologi ini merupakan elemen penting pada infrastruktur jaringan komunikasi global saat ini, pengguna seringkali tidak menyadari aplikasi atau peranan komite 802 dalam membuat standar tersebut tersedia luas, terjangkau, handal, dan aman.

Adapun inovasi yang terus dikembangkan oleh komite IEEE 802 untuk jaringan lokal dan metropolitan melalui kabel tembaga, serat optik, dan teknologi nirkabel untuk aplikasi jaringan lokal, regional, dan personal.

“Kerja yang telah dilakukan oleh IEEE 802 mewakili salah satu dari evolusi besar yang sangat kita andalkan dan berdampak besar pada kehidupuan kita sehari-hari,” kata Patricia Thaler, wakil ketua IEEE 802. “Diperkirakan kini lebih dari 98 persen dari seluruh trafik internet telah menggunakan jaringan IEEE 802 dalam transmisinya,” ucapnya.

Thaler menyebutkan, tanpa standar IEEE 802 pada koneksi komputer ke komputer, aplikasi sederhana seperti pengiriman email, world wide web, dan mobile broadband tidak akan seperti yang kita lihat saat ini. “Standar IEEE 802 tidak bisa dipungkiri merupakan fondasi dari dunia yang saling terhubung saat ini,” ucapnya.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Local Area Network (LAN) Ulangtahun ke 30"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED