Halaman

3.22.2010

Pemerintah Harus Serius Antisipasi Badai Matahari


Koordinator Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatera Barat, Ade Edward, meminta pemerintah untuk melakukan usaha-usaha mitigasi dampak bencana Badai Matahari yang diprediksi akan terjadi di bumi, termasuk Indonesia, antara 2012 hingga 2015.

"Setelah LAPAN merilis Indonesia akan terkena badai matahari antara 2012 hingga 2015, tapi tindak lanjut dari pengumuman ini bagi pihak pemerintah belum ada program yang jelas soal ini,” kata Ade seperti yang dikutip dari okezone, Senin (22/3/2010).

Memang dari rilis LAPAN, badai matahari berdampak terhadap komunikasi digital dan kelistrikan di bumi, tapi juga mempengaruhi medan geomagnetik bumi.

"Dengan kondisi ini dampak dari badai matahari dapat memicu fenomena alam lainnya seperti aktivitas gunung api, gempa tektonik, dan cuaca ekstrim yang dapat menimbulkan bencana alam," katanya.

Menurutnya lembaga ini harus melakukan koordinasi yang lebih intens dengan beberapa institusi lain, yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), BPPT, Ristek, ESDM, dan BMKG.

"Hasil lembaga-lembaga ini bisa dijadikan acuan oleh pemerintah-pemerintah di daerah untuk implementasi kebijakan lokal. Selain itu informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) segera ditindaklanjuti dengan penelitian serius dan upaya mitigasi dengan melibatkan lembaga terkait," ujarnya.

Tapi menurut Ade, prediksi itu betul atau tidak akan terbukti setelah peristiwa itu terjadi. Yang penting menurutnya, seluruh warga tidak perlu panik tapi berwaspada saja karena bencana tidak bisa kita ketahui kapan datangnya.

"Kalau tidak terjadi bencana tidak apa-apa itu lebih bagus, tapi kalau terjadi bencana, jangan sampai kita mempersiapkan mitigasi setelah 2015, itu percuma, jadi ini harus diseriusi lebih dini," pungkasnya

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Pemerintah Harus Serius Antisipasi Badai Matahari"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED