Halaman

4.07.2010

Teknologi Robot Mungkinkan Kontak Fisik di Internet


Pengguna internet bisa merasakan kontak fisik seperti memeluk atau memegang sesuatu melalui komunikasi di internet, berkat sebuah terobosan dalam perangkat teknologi robot yang bisa dipakai.

Perangkat bernamaa iFeel-IM yang diciptakan oleh Dzmitry Tsetserukou asal Jepang ini mensimulasikan sensasi kontak fisik seperti pelukan, detakan jantung, perut keroncongan, dan perasaan geli saat memakai alat tersebut.

Dilansir Telegraph, Kamis (8/4/2010), kreasi robot tersebut pertama kali dipamerkan di ajang Augmented Human International Conference yang digelar di Prancis.

Dzmitry yang merupakan asisten profesor di Toyohashi University of Technology di Jepang, menggambarkan bagaimana perangkat robotik iFeel-IM ini dirancang untuk menambah sensasi rasa sentuhan manusia kedalam dunia maya.

"Kita ada dalam era komunikasi, dimana komputer menjadi perantaranya, seperti SMS, email, Twitter, Instant Messaging. Namun banyak orang tidak terkoneksi secara emosional," ujarnya.

Itu sebabnya, lanjut Dzmitry, dia mendapat ide untuk menciptakan pengalaman berkomunikasi yang lebih mendalam. "Tidak hanya getaran ponsel yang anda rasakan ketika menerima SMS. Emosi adalah sesuatu yang membuat komunikasi hidup," terangnya.

iFeel-IM berisi kumpulan sensor, penggerak, getaran dan gelombang suara yang nantinya akan menyampaikan respons emosional dalam pesan.

Sementara itu, Alena Neviarouskaya, ilmuwan dari University of Tokyo menciptakan software untuk mengkodekan pesan emosional yang terkandung dalam teks. Nantinya software inilah yang menciptakan respons sentuhan yang sesuai dengan pesan emosional melalui perangkat robot.

Perangkat ini bisa membedakan sembilan emosi termasuk rasa senang, takut, ketertarikan, rasa bersalah atau marah dengan tingkat akurasi 90 persen.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Teknologi Robot Mungkinkan Kontak Fisik di Internet"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED