Laman

1.11.2010

Marvel Kembangkan Prosesor ARM QuadCore


Pesaing Intel dalam pengembangan chip komputer, Marvell cukup menarik perhatian dalam CES 2010 kali ini. Pasalnya, mereka menampilkan produk baru berupa prosesor ARM Quadcore.

Prosesor ARM berbasis SoC (sistems on a chip) ini digadang-gadang sebagai pesaing dari chip besutan Qualcomm, NVIDIA, dan Broadcom. Pasalnya, seperti Qualcomm, Marvell membuat sendiri desain chip ini dan tidak melisensikan desain Cortex A9 ARM, yang dibenamkan salah satunya di Nvidia Tegra SoC generasi kedua.

Dilansir melalui Hexus.net, Senin (11/1/2010), chip quadcore besutan Marvell itu belum diberi nama. Namun yang pasti teknologi yang mendukungnya hampir sama dengan teknologi yang ada pada chip ARMADA 500 dan 600 besutan marvell juga.

Selain prosesor Quadcore ini, Marvell juga meluncurkan ARMADA 610. Perangkat ini diklaim merupakan prosesor aplikasi pertama yang mampu membawa encode dan decode 1080p ke dalam perangkat Mobile.

Salah satunya dibenamkan pada sebuah eReader. Marvell juga memperkenalkan eReader yang didesainnya dengan dilengkapi ARMADA 610. Marvell juga mengumumkan kerja sama dengan E Ink untuk memasarkan perangkat tersebut dalam waktu dekat, serta beberapa perangkat yang dilengkapi dengan chip ARMADA 166E.

Marvell’s ARMADA 610 dilengkapi dengan CPU berkecepatan gigahertz, video 1080p encoding dan decoding, dan akselerasi 3D yang terintegrasi sangat cepat. Seri ARMADA 600 ini menjalankan instruksi ARMv7 yang sama seperti prosesor ARM Cortex-A8, dengan keberadaan pipaline yang lebih pendek yang dapat memungkinkan untuk eksekusi lebih cepat.

ARMADA 610 dapat merender 45 juta proses 3D per detik dan mengontrol empat tampilan layar yang mencapai resolusi 2.000x2.000 piksel masing-masing. Dengan demikian membuatnya lebih kuat dibanding PowerVR SGX 530 core yang digunakan dalam Motorola Droid dan core grafis Qualcomm pada QSD8250 Snapdragonnya.

Dalam hal ini, chip ARMADA 610 ini muncul dengan dukungan untuk sistem operasi berbasis Android, Linux, dan Windows Mobile/CE. Marvell sendiri menargetkan chip ARMADA 610 tersebut yang diperuntukkan bagi Mobile Internet Devices (MID), pemutar media portabel yang terhubung, eReaders, smartphone, dan peralatan informasi pribadi terbaru.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Marvel Kembangkan Prosesor ARM QuadCore"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED