Halaman

3.03.2010

Jerman Ciptakan Sekrup Tulang Biodegradable


Selama bertahun-tahun, pasien penderita kerusakan tulang harus merasakan sakit akibat keberadaan sekrup titanium pada tulang mereka.

Sekrup titanium yang dipasang sementara pada tulang rusak harus diambil melalui proses operasi dan menyebabkan proses penyembuhan berlangsung lama.

Philip Imgrund dari Fraunhofer Institute di Bremen, Jerman kemudian menemukan solusi bagi masalah ini dengan menciptakan jenis sekrup baru yang tidak perlu dicabut saat tulang sudah membaik.

Seperti dilansir Cnet, Rabu (3/3/2010), sekrup ini bersifat biodegradable sehingga akan menghilang dengan sendirinya, dan dalam kurun waktu dua tahun akan diserap perlahan oleh tulang. Sekrup yang terbuat dengan teknologi biomaterial ini kemudian akan mendukung penyembuhan dan pertumbuhan tulang rusak dan tidak akan meninggalkan bekas rongga pada tempat yang dipasangi sekrup.

Kebanyakan sekrup biodegradable saat ini terbuat dari bahan polylactic acid. Bahan ini akan meninggalkan lubang ketika sekrup perlahan menghilang. Sementara sekrup yang dikembangkan ilmuwan di Imgrund menambahkan campuran bahan hydroxylapatite, yaitu bahan utama pembentuk tulang.

"Kami telah memodifikasi biomaterial ini sehingga mereka dapat dibentuk menjadi sekrup yang kuat sekaligus dapat diserap tulang," kata Imgrund.

Dia menambahkan, komposisi ini memiliki kandungan hydroxylapatite lebih tinggi yang dapat mendukung pertumbuhan tulang implan.

ARTIKEL TERKAIT

0 orang berkomentar on "Jerman Ciptakan Sekrup Tulang Biodegradable"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;)

Add a comment and Join the discussion

 
Semua file yang ada di InternetTeknologi.Com merupakan hasil mirror link dari berbagai macam server hosting, seperti Rapidshare atau Hotfile. InternetTeknologi.Com hanya men-sharingkannya ke semua orang. Jangan lupa untuk membaca Disclaimer sebelum mendownload dan Downloadlah dengan resiko dan tanggung jawab anda sendiri =).

All files in InternetTeknologi.Com are result of Mirror link from many hosting server, such as Rapidshare or Hotfile. InternetTeknologi.Com just share it to everyone. Don't forget to read the Disclaimer first before downloading, and please download with your own risks and responsibilities =)

Copyright © www.InternetTeknologi.Com Trusted From 2009 - Until 2011 (Now) Do Not Copy Paste Without Give a Link To This Site, www.InternetTeknologi.Com Is Protected by The International Internet World Wide Web [www] Law www.InternetTeknologi.Com ALL RIGHTS RESERVED